IMPLEMENTASI METODE MENCONGAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI DARWATA SINDANGBARANG KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP

Syifa, Latifah (2022) IMPLEMENTASI METODE MENCONGAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI DARWATA SINDANGBARANG KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYIFA LATIFAH SAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Belajar matematika itu lebih abstrak jika dibandingkan dengan pelajaran yang lain, oleh karena itu guru mampu memilih metode dalam mengajarkan matematika didalam interaksi belajar, guru mampu menciptakan keaktifan siswa, menciptakan keaktifan siswa juga dapat melalui metode yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan metode mencongak yang dilaksanakan di MI Darwata Sindangbarang Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. guna untuk memperkuat daya ingat serta daya fikir siswa secara cepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah MI Darwata Sindangbarang Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap dengan sumber data yang diperoleh dari kepala sekolah dan guru kelas III serrta peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menggunakan model yang dikembangkan oleh miles dan huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru pada pembelajaran matematika yaitu metode mencongak yang berkaitan dengan hitungan perkalian . Metode mencongak ini memfokuskan pada pengimplementasian yang mana diterapkan pada pembelajaran matematika dimana mencongak ini merupakan cara berfikir dengan spontan yang mampu menjadikan peserta didik memiliki daya ingat yang kuat dan kecepatan berfikir akan bertambah. Metode mencongak ini mampu membantu dan mempermudah proses implementasi metode mencongak pada proses hitungan perkalian tanpa menggunakan alat bantu dari media lain seperti kalkulator ataupun lidi-lidian. Kata Kunci: Implementasi Metode pembelajaran matematika, mencongak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode pembelajaran matematika, mencongak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syifa latifah
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:16
Last Modified: 24 Jun 2022 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14417

Actions (login required)

View Item View Item