NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PROGRAM ANIMASI SERIAL RIKO THE SERIES DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Siti Wasilatur, Rosidah (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PROGRAM ANIMASI SERIAL RIKO THE SERIES DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SITI WASILATUR ROSIDAH_NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PROGRAM ANIMASI SERIAL RIKO THE SERIES DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak pada masa sekarang haruslah ditingkatkan mengingat masih ditemukan kasus kemerosotan akhlak. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor salah satunya pengaruh dari tayangan yang dilihat oleh anak. Semakin sering anak melihat tayangan-tayangan yang bersifat edukatif atau mengandung unsur positif, semakin baik pula karakter yang dimiliki seorang anak dan sebaliknya. Sehingga diperlukan penguatan karakter supaya anak tetap memiliki karakter yang baik. Diantaranya dengan memberikan tayangan-tayangan yang dapat membangun karakter anak salah satunya adalah tayangan animasi serial Riko The Series karena selain mengandung nilai pendidikan akhlak, di dalamnya juga disajikan murrotal surat-surat Al-Qur’an dan penyajian video dari animasi ini juga cukup menarik untuk anak-anak. Dengan demikian, memberikan tayangan seperti serial animasi Riko The Series akan memberi pengaruh positif dan dapat menguatkan karakter anak yang sekaligus berstatus sebagai peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung pada program animasi serial Riko The Series dan relevansinya dalam menguatkan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu film animasi Riko The Series season 2 episode Adab Sebelum Ilmu, Sahabatku, Sampah Plastik dan Pantang Menyerah. Sedangkan sumber data sekunder berupa buku-buku yang terkait dengan pendidikan akhlak antara lain buku “Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an”, “Filsafat Pendidikan Akhlak”, dan “Mengenal Aqidah dan Akhlak Islami”. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam empat episode film animasi Riko The Series meliputi 3 bagian yaitu akhlak terhadap Allah SWT yakni sikap beriman dan bersyukur, Akhlak terhadap sesama makhluk yakni peduli sosial, tolong menolong, toleransi, saling memaafkan, dan saling menghormati serta akhlak terhadap diri sendiri yakni optimis, berprasangka baik, pantang menyerah, tanggung jawab, amanah, rendah hati dan jujur. Relevansi film animasi Riko The Series dalam penguatan karakter peserta didik setidaknya meliputi 2 bagian utama yakni dapat berfungsi sebagai media dalam mendidik karakter siswa di sekolah dan memperkuat karakter sesuai dengan nilai pendidikan karakter yaitu religius, nasionalis dan integritas. Kata kunci : Pendidikan, Akhlak, Animasi, Riko The Series �

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Animasi, Riko The Series
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI WASILATUR ROSIDAH sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:11
Last Modified: 24 Jun 2022 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item View Item