ANALISIS STRATEGI DECOY EFFECT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN PRODUK UNGGULAN DI MLIPIR NGOPI PURBALINGGA

NENG, HAMID (2022) ANALISIS STRATEGI DECOY EFFECT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN PRODUK UNGGULAN DI MLIPIR NGOPI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NENG AINUN HAMID_1817201113.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran dalam menjalankan suatu bisnis itu sangat penting untuk mendongkrak atau menigkatkan penjualan. Dalam berbisnis tentu pengusaha harus tepat dalam memilih strategi yang akan diterapkkan, agar tujuan penjualan dapat mencapai target. Seperti halnya strategi decoy effect yang diterapkan di salah satu café di Purbalingga, yaitu Mlipir Ngopi. Decoy effect adalah salah satu strategi marketing yang dapat mempermainkan psikologis seorang konsumen. Dalam penelitian ini masalah umum yang dikemukakan adalah bagaimana efektivitas strategi decoy effect dalam meningkatkan penjualan produk unggulan di Mlipir Ngopi Purbalingga dan bagaimana strategi tersebut dalam perspektif marketing syariah. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan tiangulasi. Wawancara yang dilakukan kepada pemilik café Mlipir Ngopi dan beberapa konsumen untuk memperkuat data. Kemudian dianalisis secara sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Efektivitas starategi decoy effect dalam meningkatkan penjualan produk unggulan di Mlipir Ngopi Purbalingga efektif dengan penjualan mlipir ng’es meningkat 42,27% dan milkshake meningkat 46,13%. Dengan demikian strategi decoy effect berjalan efektif ketika diterapkan di Mlipir Ngopi Purbalingga sebagai salah satu strategi pemasaran. 2) Startegi decoy effect dalam perspektif marketing syariah dapat dikaitkan ke prinsip-prinsip dalam marketing syariah yaitu positioning dan direntation. Kata Kunci: Decoy Effect, Peningkatan Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Decoy Effect, Peningkatan Penjualan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Neng Ainun Hamid sdr
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:01
Last Modified: 24 Jun 2022 07:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item View Item