KERJASAMA ANTARA USTADZ DAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MI MA’ARIF NU KARANGASEM PURBALINGGA

Yan Ekawati, Ekawati (2022) KERJASAMA ANTARA USTADZ DAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MI MA’ARIF NU KARANGASEM PURBALINGGA. Masters thesis, UIN SAIZU.

[img]
Preview
Text
Tesis_Yan Ekawati_NIM 201763021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Kerjasama Ustadz dan Guru dalam Pembentukan Karakter di MI Ma’arif NU Karangasem Purbalingga ini bertujuan untuk menjelaskan dan mediskripsikan serta menganalisis kerjasama guru dan ustadz dalam membentuk karakter siswa. Manfaat yang diharapkan adalah untuk mengetahui sejauh mana kerjasama yang dilakukan oleh guru dan ustadz dalam membentuk karakter siswa. Penelitian dalam tesis ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menerangkan keadaan yang terjadi. Subyek yang diteliti adalah Kepala sekolah, guru, ustadz, dan siswa. Sedangkan obyek penelitian dalam tesis ini adalah kerjasama guru dan ustadz dalam membentuk karakter siswa di MI Ma’arif NU karangasem Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Proses pembentukan karakter siswa dilakukan dengan strategi pembelajaran, pembiasaan, dan perlombaan, 2) kerjasama antara guru dan ustadz sangat penting diterapkan dalam rangka membentuk karakter siswa di MI Ma’arif NU Karangasem, dan 3) kerjasama guru dan ustadz dalam rangka membentuk karakter siswa di MI Ma’arif NU Karangasem Purbalingga berhasil menjadikan anak didplin, tanggung jawab, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yan Ekawati sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:07
Last Modified: 24 Jun 2022 08:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14396

Actions (login required)

View Item View Item