PERKEMBANGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH KHALIDIYAH DI DESA SOKARAJA LOR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS (1864–2021)

Miftakhul, Huda (2022) PERKEMBANGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH KHALIDIYAH DI DESA SOKARAJA LOR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS (1864–2021). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MIFTAKHUL HUDA PERKEMBANGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH KHALIDIYAH DI DESA SOKARAJA LOR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS (1681-2021).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kita tahu bahwa di Indonesia ini memiliki banyak aliran-aliran Tarekat. Salah satu aliran Tarekat yang berpengaruh di Indonesia adalah Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah. Pada umumnya tarekat ini paling banyak pengikutnya di Jawa sejak abad ke-19 sampai saat ini. Tarekat ini adalah Tarekat terbesar di dunia, juga di Indonesia, dan dianggap paling terawat baik. Dalam penelitian mengenai Sejarah Perkembangan Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Desa Sokaraja Lor Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas, peneliti menggunakan metode kualitatif dan sejarah yang secara umum berarti penyelidikan atas suatu masalah dengan mengaplikasikan jalan pemecahannya dari perspektif historic. Dengan langkah sebagai berikut: Heuristik (Pengumpulan Sumber), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi (Analisis Fakta Sejarah), Historiografi (Penulisan Sejarah). Serta metode penulisan Biografi perspektif Jurnalisme. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana perkembangan Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Desa Sokaraja Lor Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Teori yang digunakan meliputi Kajian Tasawuf dan meminjam teori Darwin struggle for life (perjuangan keras untuk mempertahankan eksistensi) dari natural selection. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi, karena pendekatan sosiologi sangat relevan sekali. Di samping itu juga penelitian ini juga menggunakan pendekatan historis. Pendekatan tersebut akan mengungkapkan latar belakang sejarah Tarekat Naqsabandiyah dari awal diajarkan oleh Hadratus Syeikh Muhammad Ilyas bin Aly bisa diterima oleh masyarakat desa Sokaraja Lor sampai Mursyid yang sekarang H.R. Toriq Arif Ghuzdewan hingga menyebar ke seluruh Karesidenan Banyumas. Hasil dari penelitian ini adalah perkembangan Tarekat yang meluas sampai Sokaraja dan daerah-daerah sekitar (Karisidenan) Banyumas. Selama +- 48 tahun (1864-1912) Mbah Guru Ilyas mengemban amanah mengajarkan dan menyebarluaskan thariqah Naqsyabandiyyah al-Khalidiyah di sekitar Banyumas dan diteruskan oleh para musryid-mursyid yang sekarang mursyidnya bernama H.R. Toriq Arif Ghuzdewan. Kata Kunci: Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah, Sokaraja Lor, Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah, Sokaraja Lor, Banyumas.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.3 Tarekat > 2x5.32 Naqsyabandiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Miftakhul Huda sdr
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:45
Last Modified: 24 Jun 2022 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14387

Actions (login required)

View Item View Item