Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS di MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga

Imam, Sururi (2022) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS di MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Masters thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
TESIS IMAM SURURI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 memberikan warna baru terhadap pelaksanaan pendidikan di Indonesia, dimana pendekatan saintifik merupakan ciri khas dari Kurikulum 2013. Di sisi lain, mata pelajaran IPS dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan karena materinya yang banyak dan guru cenderung menyampaikannya dengan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS di MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa MI Muhammadiyah Kaligondang Purbalingga. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah implementesai pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) guru membuat sendiri rencana pembelajaran atau RPP yang berisi garis besar kegiatan pembelajaran, 2) guru melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan langkah pembelajaran: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosisasi/menalar, dan mengkomunikasikan, 3) guru melakukan penilaian autentik dengan dengan menilai tiga kompetensi, yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan, dan 4) hambatan yang ditemui guru pada saat kegiatan pembelajaran adalah peserta didik memiliki daya tangkap yang berbeda satu sama lain sehingga tingkat pemahamannya pun berbeda. Kata kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Sururi sdr
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:43
Last Modified: 24 Jun 2022 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14348

Actions (login required)

View Item View Item