ANALISIS PREFERENSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PEMBIAYAAN SYARIAH (Studi kasus UMKM Industri Logam Desa Pasir Wetan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas)

Wahyu, Geovani (2022) ANALISIS PREFERENSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PEMBIAYAAN SYARIAH (Studi kasus UMKM Industri Logam Desa Pasir Wetan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYU GEOVANI ANALISIS PREFERENSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PEMBIAYAAN SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ekonomi perbankan yang kegiatannya memiliki peran aktif dalam perekonomian suatu negarayang dapat dijadikan tolak ukur dalam majunya suatu negara. Salah satu yang sangat mempengaruhi berkembangnya ekonomi pada suatu negara adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hal tersebut dibuktikan selama krisis perekonomian, UMKM mampu dalam Berkontribusi pada pergerakan ekonomi di suatu Negara.namun terdapat kesulitan yang dihadapi oleh UMKM, yaitu keterbatasan suatu akses pada sumber dana atau dari pembiayaan Syariah,Melihat realita yang ada, maka perlulah membenahi segala permasalahan pada sektor UMKM, terlebih pada Industri Logam. Padahal UMKM industri logam merupakan usaha pada sektor yang termasuk dalam jumlah kontribusi besar dalam bidang perdagangan. Dalam penelitian ini memiliki tujuan yang dicapai yaitu untuk mengetahui preferensi dari UMKM khususnya pada bidang industri logam serta faktor preferensi apa yang paling dominan dalam pembiayaan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode teknik analisis model Miles dan Huberman.Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan maka preferensi UMKM industri logam dari ke-4 (empat) faktor tersebut menjadi suatu pengaruh besar kepada UMKM Industri logam terhadap pembiayaan syariah. Sedangkan faktor yang paling dominan dalam preferensi UMKM terhadap pembiayaan syariah adalah faktor kemudahan dan pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Pengetahuan, Kemudahan, Bagi hasil, Pelayanan, UMKM, Pembiayaan Syariah.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Wahyu Geovani sdr
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:44
Last Modified: 24 Jun 2022 01:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item View Item