PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs MA'ARIF NU ASSALAM KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Zahrotul, Ngajizah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs MA'ARIF NU ASSALAM KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF.K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya kemampuan berpikir spasial matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Assalam Kemranjen. Salah satu pembelajaran yang diduga tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam membayangkan bentuk-bentuk geometri yakni model pembelajaran berbasis masalah. Dengan menggunakan model pembelajaran ini siswa dilatih untuk merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu menjadikan siswa lebih terampil dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir spasial matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Assalam Kemranjen. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Assalam Kemranjen yang terdiri dari kelas VIII A berjumlah 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan bentuk uraian. Tes berupa pretest yang diberikan sebelum pemberian perlakuan dan posttest yang diberikan setelah pemberian perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen masuk kedalam kategori sedang yakni 0,53 dan kelas kontrol masuk kedalam kategori rendah yakni 0,28. Hal ini dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial matematis siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU Assalam Kemranjen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Spasial, Matematis.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Zahrotul Ngajizah
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:41
Last Modified: 24 Jun 2022 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14333

Actions (login required)

View Item View Item