TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI LARANGAN PERKAWINAN MISAN (STUDI KASUS DI DESA MANGUNHARJO KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN)

Fajar, Nurul Huda (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI LARANGAN PERKAWINAN MISAN (STUDI KASUS DI DESA MANGUNHARJO KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FAJAR NURUL HUDA_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI LARANGAN PERKAWINAN MISAN (Studi Kasus di Desa Mangunharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap tradisi larangan perkawinan misan dan juga untuk mengetahui pandangan Hukum Islam tentang larangan perkawinan misan. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah mengenai tradisi larangan perkawinan misan dalam perspektif Hukum Islam. Adapaun peneltian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan normative. Penelitian ini juga dapat dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research), dan merupakan kelanjutan dari penelitian deskriptif yang bertujuan bukan hanya sekedar memaparkan karakterisitik tertentu. Tetapi juha menganalisa dan menjelaskan mengapa atau bagaimana hal itu terjadi. Datab yang didapatkan berupa data primer dan sekunder. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dari hasil penelitaian yang penulis lakukan yang dimaksud tradisi larangan perkawinan misan adalah apabila anak dari dua saudara ipar atau sepupu yang berasal dari satu kakek menikah. Sehingga jatuh kepada keturunan ketiga dari satu orang tua.Tradisi ini sudah menjadi kepercayaan masyarakat Desa Mangunharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Tradisi ini tidak bertentangan dengan hukum Islam yakni Maqashid Syari’ah, Maslahah Mursalah dan ‘Urf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ‘urf, larangan perkawinan misan, maqashid syari’ah, maslahah mursalah.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.81 Marriage (Perkawinan)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fajar Nurul Huda sdr
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:24
Last Modified: 24 Jun 2022 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item