Muhamad, Iqbal (2022) MOTIVASI DAN KEPRIBADIAN PADA NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA (ANALISIS KONSEPTUAL PADA GURU DAN SISWA). Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
TESIS MUHAMAD IQBAL 201763037.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Buku novel guru aini yang ditulis andrea hirata memiliki dimensi ideal mengenai pendidikan. Cerita pada guru aini merepresentasikan pada dimensi guru dan juga siswa yang terjadi sebagai interaksi pembelajaran yang mengusahakan suatu tujuan pendidikan. Pada dua hal inilah, terdapat aspek dominan pada cerita guru aini yakni aspek motivasi dan kepribadian guru serta siswa. Interaksi dua hal tersebut merupakan pesan yang berusaha disampaikan pembaca guru dengan menarik melalui cerita. Untuk itu, motivasi dan kepribadian pada cerita guru aini menjadi penting untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan motivasi dan kepribadian yang ideal dengan merepresentasikan kehidupan nyata serta mengidentifikasinya pada teori kebutuhan Maslow serta relevansinya pada penguatan pendidikan karakter siswa yang dirumuskan pendidikan nasional. Dari tujuan ini dapat diidentifikasi khusus kajian ini adalah; 1) mengeksplorasi motivasi dan kepribadian guru pada novel guru aini , 2) menjadi sarana mengetahui relevansi kepribadian guru pada novel guru aini dengan kompetensi kepribadian guru, 3) mengetahui relevansi kepribadian siswa dengan penguatan pendidikan karakter siswa Berdasarkan objek kajiannya yakni motivasi dan kepribadian dengan objek buku cerita guru aini kajian ini merupakan kajian kualitatif pustaka dengan pendekatan positivism. Kajian ini dilakukan dengan menganalisis teks sebagai sumber data yang dilakukan penelitian pada aspek motivasi dan kepribadian untuk diinterpretasikan dan direfleksikan melalui proses identifikasi, pengumpulan data, pereduksian, pengklasifikasi,, analisis hingga menemukan dan menyimpulkan. Pada kajian ini diperoleh temuan yakni’ 1) motivasi dan kepribadian guru pada novel guru aini memiliki dominasi berupa; kebutuhan rasa aman, kebutuhan harga diridan kebutuhan aktualisasi diri; 2) relevansi kepribadian guru pada novel guru aini dengan kompetensi kepribadian guru berupa; kepribadian mantap, dewasa, arif, berwibawa dan teladan bagi siswa; 3) relevansi kepribadian siswa dengan penguatan pendidikan karakter siswa berupa; gotong royong dan mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 085640593061 |
Uncontrolled Keywords: | Guru dan Siswa, Kepribadian, Motivasi, |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education 400 Language > 401 Philosophy and theory 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhamad Iqbal sdr |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 00:44 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 00:44 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14300 |
Actions (login required)
View Item |