NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU THE PERFECT MUSLIMAH KARYA AHMAD RIFAI RIF'AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER

Halimatus, sadiyah (2022) NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU THE PERFECT MUSLIMAH KARYA AHMAD RIFAI RIF'AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Halimatussa'diyyah_1817402011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berbicara pendidikan, angka pendidikan di Indonesia sudah meningkat pesat. Hampir semua masyarakat sudah menempuh pendidikan formal minimal 12 tahun. Bersamaan dengan hal tersebut, angka permasalahan sosial yang ada juga meningkat pesat. Orang yang berpendidikan formal belum tentu berakhlak baik, sehingga permasalahan sosial meningkat walaupun angka pendidikan sudah tinggi. Contoh permasalahan sosial yang terjadi di sekitar kita adalah pencurian, pembunuhan, pemerkosaan, pelecehan seksual, bahkan seorang anak menuntut orangtua kadungnya sendiri gara-gara masalah harta warisan. Pendidikan terutama Pendidikan Islam menjadi alternatif utama dari berbagai permasalahan sosial yang ada melalui penanaman nilai-nilai Pendidikan Islam kepada anak sejak dini. Salah satu cara yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Islam yaitu melalui buku The Perfect Muslimah yang merupakan buku motivasi. Buku The Perfect Muslimah berisi kisah-kisah inspiratif yang mengandung nilai-nilai Pendidikan Islam di dalamnya sehingga sangat tepat untuk membentuk karakter manusia. Dengan demikian, peneliti menarik permasalahan dalam penelitian ini tentang apa saja nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam buku The Perfect Muslimah dan apa relevansinya terhadap pembentukan karakter. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam buku The Perfect Muslimah serta relevansinya dengan pembentukan karakter. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka atau library research. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu buku The Perfect Muslimah karya Ahmad Rifa’i Rif’an dan sumber data sekunder yaitu sumber-sumber lain seperti buku-buku tentang pendidikan agama Islam, jurnal-jurnal Pendidikan Islam dan penelitian lain yang relevan dengan judul penelitian skripsi ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam buku The Perfect Muslimah. Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam buku The Perfect Muslimah mencakup nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan ibadah dan nilai pendidikan akhlak. Selain itu, terdapat relevansi antara nilai-nilai Pendidikan Islam dalam buku The Perfect Muslimah terhadap pembentukan karakter baik atau akhlak mulia. Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam, Buku The Perfect Muslimah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Buku The Perfect Muslimah
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Halimatussa'diyyah Halimatussa'diyyah
Date Deposited: 23 Jun 2022 21:28
Last Modified: 23 Jun 2022 21:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14268

Actions (login required)

View Item View Item