NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM BIDADARI-BIDADARI SURGA

Neni Riyanti, 1123301126 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM BIDADARI-BIDADARI SURGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Neni Riyanti_NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan akhlak sangatlah dibutuhkan baik oleh individu maupun masyarakat. Penyimpangan dan dekadensi akhlak yang terjadi pada masyarakat sekarang ini disebabkan karena mereka tumbuh dan berkembang dalam atmosfer pendidikan yang buruk. Oleh karena itu, betapa kita butuh kepada pendidikan yang mampu membawa kita dan anak cucu kita ke puncak ketinggian akhlak yang menebarkan kebahagiaan dan ketentraman. Tanggung jawab pendidikan akhlak pada keluarga sangatlah besar. Seluruh anggota keluarga yang lebih tua berkewajiban untuk melakukannya kepada yang lebih muda. Hal ini dikarenakan suatu proses pendidikan berawal dari rumah, dari orang-orang terdekatnya yang lebih dewasa di rumah, yaitu keluarga. Antara keluarga dan pendidikan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kepustakaan (library research). Penelitian jenis kepustakaan bertitik tolak dari dokumen-dokumen berupa buku-buku ilmiah, artikel, majalah, dan lain-lain. Objek dari penelitian ini adalah film “Bidadari-Bidadari Surga.” Penelitian ini bersifat deskriptif, artinya data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut yang diambil dari dalam film “Bidadari-Bidadari Surga” Secara umum pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan subjektif karena tidak meneliti hal-hal yang pasti (fenomena alam) tetapi meneliti tentang hal-hal yang membangun perilaku manusia. Sedangkan pendekatan secara khusus yang digunakan adalah pendekatan semiotik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan mengenai pendidikan akhlak dalam film “Bidadari-Bidadari Surga” yang merupakan adaptasi novel karya Tere-Liye yaitu nilai pendidikan akhlak terhadap Allah (shalat, keimanan, syukur, sabar, ridho, tawakal dan mempercayai qadha dan qadar-Nya); nilai pendidikan akhlak terhadap sesama yang terbagi lagi menjadi nilai pendidikan akhlak terhadap orang tua (membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah, birrul walidain), nilai pendidikan akhlak terhadap keluarga (kasih sayang dan pemaaf); nilai pendidikan akhlak terhadap tetangga (silaturrahmi, tolong-menolong, dan tidak mengganggu hak milik) dan nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan (mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam sesuai dengan fungsinya, dan tidak merusak lingkungan serta menyayangi dan menjaga kelestarian binatang). Kata Kunci : Nilai, pendidikan akhlak, film Bidadari-Bidadari Surga, perbandingan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 01 Nov 2016 07:53
Last Modified: 01 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item