PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI B DI MI MA'ARIF NU 01 DAWUHAN WETAN KABUPATEN BANYUMAS

Laela, Ramadhani (2022) PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI B DI MI MA'ARIF NU 01 DAWUHAN WETAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Laela Ramadhani-Penggunaan metode bernyanyi .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah ini berangkat dari penggunaan metode bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah yang cukup memberi perubahan dalam perkembangan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang biasanya dilakukan melalui metode ceramah yang terkesan memerlukan waktu yang lama pada proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi bosan, jenuh, dan membuat siswa menjadi enggan untuk memahami materi pembelajaran. Metode bernyanyi ini menerapkan cara menghafal rumus matematika dengan menggunakan dua belahan otak kanan dan otak kiri serta penguatan hafalan rumus menjadi tujuan agar siswa dapat menghafal dan memahami rumus matematika dengan mudah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma‟arif NU 01 Dawuhan Wetan Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi wali kelas VI B, siswa kelas VI B dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berkesimpulan bahwa metode sangat berpengaruh terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap anak didiknya`, karena metode merupakan cara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi untuk memudahkan dalam mengajar demi terciptanya pembelajaran yang efektif. Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair yang dilagukan. Dalam penerapan metode bernyanyi di kelas VI B MI Ma‟arif NU 01 Dawuhan Wetan, guru menyanyikan lagu ubahan tersebut kemudian mengajak siswa untuk menirukannya, yang dilakukan secara berulang-ulang. Respon atau tanggapan siswa dalam pembelajaran ini sangat baik, karena siswa dapat belajar menghafal rumus matematika dengan metode pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya, yang menjadikan siswa lebih semangat dalam belajar. Sehingga terciptanya pembelajaran yang aktif, kondusif serta tidak membosankan. Kata kunci : Metode Bernyanyi, Pembelajaran Matematika , MI Ma‟arif NU 01 Dawuhan Wetan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bernyanyi, Pembelajaran Matematika, Dawuhan wetan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laela Ramadhani
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:25
Last Modified: 24 Jun 2022 02:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item View Item