Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran IPS di MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015

Rahman Cahyadi, 1123305054 (2015) Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran IPS di MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
RAHMAN CAHYADI_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN IPS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas V MI Muhammadiyah Kaligondang, adalah kelas yang sudah menerapkan strategi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang implementasi strategi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dalam pembelajaran IPS kelas V di MI Muhammadiyah Kaligondang, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi pembelajaran IPS dengan strategi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) siswa kelas V MI Muhammadiyah Kaligondang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan strategi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI). Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dalam pembelajaran IPS di MI Muhammadiyah Kaligondang Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dalam pembelajaran IPS sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) di MI Muhammadiyah Kaligondang meliputi kegiatan persiapan seperti penyusunan RPP, prota, promes dan lainnya sebelum melakukan pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang meliputi langkah-langkah strategi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) yakni: menyeleksi topik, merencanakan kerjasama, pelaksanaan, analisis sintesis, penyajian hasil akhir, dan melakukan evaluasi. Hal ini menunjukan bahwa MI Muhammadiyah Kaligondang telah berhasil menerapkan strategi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk menjadikan siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kata kunci: Group Investigation (GI), IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 31 Oct 2016 04:17
Last Modified: 31 Oct 2016 04:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item View Item