Nilai-Nilai Pendidikan Moral dalam Film Super 30 karya Vikas Bahl serta Relevansi dengan Pendidikan Akhlak

Umi, Musrifah (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Moral dalam Film Super 30 karya Vikas Bahl serta Relevansi dengan Pendidikan Akhlak. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM FILM SUPER 30 KARYA VIKAS BAHL SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK_UMI MUSRIFAH_171740227.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini sering kita jumpai sopan santun anak bangsa semakin berkurang. Hal itu ditandai dengan adanya berbagai kasus-kasus asusila dan amoral yang dilakukan oleh orang remaja, dewasa, bahkan anak-anak. Dampak dari problem itu ialah degradasi moral siswa dalam berperilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi diera globalisasi saat ini, adanya kemunculan teknologi seperti komputer, radio, televisi dan lain-lain membuat tantangan tersendiri bagi para pendidik. Media berbasis teknologi informasi dapat dimanfaatkan oleh pendidik sebagai penyampai materi kepada peserta didik, salah satunya dengan menggunakan media film. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini memfokuskan pada analisis nilai-nilai pendidikan moral dalam film Super 30 serta relevansinya dengan pendidikan akhlak. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan cara menggali data dari sumber utama yaitu Film Super 30, serta sumber data sekunder yaitu berupa buku, dokumen-dokumen seprti jurnal, artikel maupun sumber data lainnya yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan dua hal yakni, pertama peneliti menemukan nilai-nilai pendidkan moral yang digambarkan melalui tokoh utama dan muridnya. Nilai pendidikan moral yang terdapat dalam Film Super 30 meliputi: nilai pendidikan moral terhadap diri sendiri (berilmu, kerja keras, kreatif, inovatif, disiplin, percaya diri, pantang menyerah, dan pemberani), nilai pendidikan moral di dalam keluarga (tanggung Jawab, birrul walidain, dan kasih sayang), dan nilai pendidikan moral terhadap sesama manusia (tolong menolong, kesopanan, persahabatan, dan kerjasama). Pendidikan moral dan pendidikan akhlak memiliki peran yang sama pentingnya untuk ditanamkan kepada peserta didik. Karena pendidikan moral dan pendidikan akhlak memiliki pengertian dan tujuan yang sama. Karenanya nilai pendidikan moral yang terkandung dalam film Super 30 dapat diterapkan sebagai media penyampai pesan moral atau akhlak kepada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan, Film Super 30, Pendidikan Akhlak
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Umi Musrifah
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:22
Last Modified: 23 Jun 2022 06:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14193

Actions (login required)

View Item View Item