PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 KELAS 3 MI AL-FALAH KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Desdiya, vega pratiwi (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 KELAS 3 MI AL-FALAH KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
REVISI FIXXX NASKAH SKIRPSI DESDIYA VP_removed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya implementasi Kurikulum 2013 pada kelas 3 MI Al-Falah Karangtengah. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pelaksanaan pembelajaran tersebut menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik memiliki beberapa ciri khas dari sejumlah muatan mata pelajaran dengan tujuan agar lebih bermakna bagi peserta didik. Akan tetapi, pemeblajaran tematik sebagai program pemerintah masih belum terlaksanakan dengan baik dan maksimal hal itu disebabkan karena dalam penerapannya masih terdapat problem atau masalah yang ditemui. Penulis akan mengkaji problem mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik pada kelas 3 MI Al-Falah Karangtengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan permasalahan secara langsung dan sesuai dengan data yang ditemukan oleh penulis selama di lapangan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai problematika pembelajaran tematik tema 2 kelas 3 MI Al-Falah Karangtengah dan solusi yang diambil. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 3 dan peserta didik MI Al-Falah Karangtengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknis analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran tematik tema 2 kelas 3 di MI Al-Falah Karangtengah secara global baik dalam problem perencanaan dan pelaksanaan. Problem dalam perencanaan antara lain kesulitan menyusun prota dan promes, kesulitan penyusunan silabus, kesulitan penyusunan RPP, kesulitan dalam penguasaan materi, kesulitan menyiapkan sumber belajar. Sedangkan problem pelaksanaan antara lain kesulitan dalam mengelola waktu pembelajaran, kesulitan mengkondisikan peserta didik, kesulitan motivasi belajar yang rendah, kesulitan pendayagunaan media pembelajaran yang masih minim da sederhana, kesulitan sarana dan prasarana yang belum memadai. Adapun solusi yang diambil untuk mengatasi problematika pembelajaran tematik antara lain mencatat hal penting baik dalam tahunan maupun semester, sharing atau tukar pendapat sesama pendidik, mengumpulkan 2 materi dalam satu kali pertemuan, mengkombinasi metode ceramah dengan metode lainnya agar lebih bervariasi dan tidak membosankan, menggunakan media audio, visual, maupun audio visual, mengajak peserta didik untuk belajar di luar ruangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desdiya Vega Pratiwi sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:58
Last Modified: 23 Jun 2022 03:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

View Item View Item