IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI MI MUHAMMADIYAH BANDINGAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

ARIYANTO, ARIYANTO (2022) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI MI MUHAMMADIYAH BANDINGAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TESIS_ARIYANTO_201763027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi. Penelitian ini mendeskripsikan : (1) perencanaan metode bermain peran dalam pembelajaran IPS; (2) implementasi metode bermain peran dalam pembelajaran IPS; (3) evaluasi metode bermain peran dalam pembelajaran IPS; (4) kelebihan dan kelemahan metode bermain peran; dan (5) analisis penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran IPS di MI Muhammadiyah Bandingan Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sebelum pelaksanaan metode bermain peran pada pembelajaran IPS, guru kelas mempersiapkan RPP, media/perlengkapan yang akan digunakan, evaluasi dan strategi yang cocok, serta mempersiapkan skenario cerita. (2) Kegiatan awal dalam pelaksanaan metode bermain peran dilakukan dengan pemberian motivasi dan menyampaikan materi yang akan dibahas serta metode pembelajaran yang akan digunakan. Memasuki kegiatan inti guru mulai mengimplementasikan metode yang sudah disiapkan sebelumnya. Kegiatan akhir pembelajaran dilakukan dengan melakukan kegiatan mengambil kesimpulan dan pemberian tugas. (3) Kegiatan evaluasi dalam metode bermain peran dilakukan dengan menilai bagaimana siswa memerankan karakter dalam skenario. Selain itu guru juga memberi tes dalam bentuk tertulis. (4) Kelebihan metode bermain peran menjadikan peserta didik lebihmudah memahami materi, kelemahan metode bermain peran tidak semua peserta didik memiliki kemampuan untuk memerankan tokoh sesuai materi (5) Penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran IPS di MI Muhammadiyah Bandingan memiliki dampak positif bagi siswa dan guru. Selain itu, juga terdapat dampak negatifnya, di antaranya jika siswa tidak dipersiapkan dengan baik ada kemungkinan tidak akan melakukan dengan sungguh-sungguh dan kurang maksimal, sebagian anak yang tidak ikut bermain peran menjadi kurang aktiF Kata Kunci : implementasi, metode bermain peran, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: implementasi, metode bermain peran, pembelajaran IPS
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ariyanto Ariyanto sdr
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:11
Last Modified: 23 Jun 2022 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item View Item