PENGAMALAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR (SD) MULIA BAKTI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Yunarsih, Yunarsih (2022) PENGAMALAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR (SD) MULIA BAKTI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN PROF. K.H SAIFUDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TESIS YUNARSIH_MPGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengamalan nilai-nilai pendidikan multikultural merupakan suatu proses perbuatan dari sifat yang mendasari multikultural. Melalui pendidikan multikultural diharapkan akan dicapai suatu kehidupan masyarakat yang damai, harmonis, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar. Harapan munculnya sebuah kesatuan yang saling toleran, keharmonisan, dan tentunya sebagai salah satu bentuk usaha dalam bidang pendidikan untuk mencegah atau meminimalisir konflik yang disebabkan oleh kemultikulturalannya bangsa Indonesia. SD Mulia Bakti Purwokerto yang bernaung di bawah yayasan Gusdurian ini lebih popular di Kabupaten Banyumas dengan keanekaragaman agama menjadi lembaga pendidikan formal jenjang sekolah dasar yang mempunyai keberagaman latar belakang para peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitiannya pendekatan fenomenologi dan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (Field Research). Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Mulia Bakti Purwokerto dengan waktu penelitian selama tiga bulan. Data penelitian dalam penelitian ini yaitu nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah dasar. Sedangkan sumber data dalam peneltian ini, penulis mengambil sumber data sebagai berikut yaitu kepala sekolah, wali kelas empat, lima dan enam, peserta didik kelas empat, lima dan enam. Teknik penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) observasi, yaitu untuk mengamati proses pengamalan nilai multikultural, 2) wawancara, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan tidak terstruktur, 3) dokumentasi, tentang visi, misi dan tujuan sekolah, dokumen yang sesuai dengan pengamalan nilai-nilai pendidikan multikultural dan foto-foto kegiatan yang mendukung. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles and Huberman, yaitu Reduksi Data, penyajian data, dan Kesimpulan/ Verifikasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu yaitu tidak hanya dilakukan oleh peserta didik saja, melainkan oleh seluruh warga sekolah SD Mulia Bakti Purwokerto. Pengamalan nilai-nilai Multikultural di SD Mulia Bakti Purwokerto dilaksanakan dalam kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Nilai-nilai Multikultural yang diamalkan di SD Mulia Bakti tersebut di antaranya yaitu pengamalan nilai demokrasi, pengamalan nilai menghargai kesetaraan gender, pengamalan nilai keadilan, pengamalan nilai toleransi, pengamalan menghormati HAM dan pengamalan nilai Persatuan dan kesatuan. Kemudian, tindakan dan perilaku peserta didik sangat dipengaruhi oleh banyak hal, pengaruh tersebut di antaranya yaitu faktor keluarga, pergaulan dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengamalan, pendidikan, nilai multikultural
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: YUNARSIH YUNARSIH sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:02
Last Modified: 23 Jun 2022 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item