DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Kasus di Desa Karanggude Kulon Kec. Karanglewas Kab. Banyumas)

RONA, SETIYANI (2022) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Kasus di Desa Karanggude Kulon Kec. Karanglewas Kab. Banyumas). Skripsi thesis, UIN Proff. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rona Setiyani_DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keharmonisan dalam sebuah keluarga merupakan impian setiap individu pada umumnya dan komunikasi adalah salah satu cara dari pencapaian sebuah keharmonisan dalam keluarga ataupun kehiduan dalam bermasarakat. Kemajuan teknologi seperti gadget telah merambah dari masyarakat kota sampai pelosok desa. Dalam hal ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang dampak penggunaan gadget dalam keharmonisan keluarga di desa Karanggude Kulon, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gadget di desa Karanggude Kulon dan bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap keharmonisan keluarga bisa berdampak positif maupun berdampak negatife. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian lapangan (field research). Yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan atau masyarakat dengan tujuan untuk mengetahui secara jelas dan detail bagaimana untuk mengetahui dampak gadget terhadap keharmonisan keluarga. Penggunaan gadget di desa Karanggude Kulon yaitu sebagai alat komunikasi ketika jauh dari rumah, gadget bisa sebagai alat pembantu mencari penghasilan, gadget sebagai media belajar dan mencari informasi. Yang tidak kalah canggihnya gadget bisa menjadi pengingat waktu sholat dan pastinya bisa menjadi alat hiburan bagi penggunanya. Penggunaan gadget sangat berpengaruh dalam kehidupan dan keharmonisan keluarga di desa karanggude kulon , dimana dampak positif dalam penggunaan gadget yang keluarga rasakan yaitu gadget bisa menjadi alat komunikasi jarak jauh bagi salah satu keluarga yang memang jauh dari rumah sehingga keharmonisan keluarga tetap terjaga dan gadget sebagai ladang rezeki bagi salah satu keluarga sehingga perekonomian keluarga terjaga. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan gadget di desa Karanggude Kulon sangatlah beragam dalam penggunaannya, namun dampaknya bagi keharmonisan keluarga lebih banyak sisi positifnya dari pada negatifnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Penggunaan Gadget, Keharmonisan Keluarga
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
600 Technology (Applied sciences) > 605 Serial publications
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Rona Setiyani sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:55
Last Modified: 23 Jun 2022 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14170

Actions (login required)

View Item View Item