STRATEGI KOMUNIKASI KELOMPOK WANITA TANI “KARYA TANI” DALAM MEMBANGUN EKSISTENSI DI DESA PENGALUSAN, KECAMATAN MREBET, KABUPATEN PURBALINGGA

Ika, Sriani (2022) STRATEGI KOMUNIKASI KELOMPOK WANITA TANI “KARYA TANI” DALAM MEMBANGUN EKSISTENSI DI DESA PENGALUSAN, KECAMATAN MREBET, KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IKA SRIANI-1717102064.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sektor pertanian merupakan hal penting bagi negara Indonesia yang notebene nya adalah negara agraris, untuk mendukung perekonomian secara nasional teutama dibidang sandang, pangan, dan papan. Salah satu pengembangan dunia pertanian adalah dibentuknya Kelompok Wanita Tani, contohnya adalah KWT Karya Tani yang berada di Desa Pengalusan, Kecamatan, Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Kelompok ini yang mewakili provinsi Jawa Tengah dalam ajang perlombaaan Nasional dan berhasil meraih prestasi sebagai juara satu. Salah satu keberhasilan KWT Karya Tani adalah karena adanya komunikasi yang baik yang mereka terapkan serta memiliki strategi komunikasi yang mereka ciptakan sehingga dapat berkembang dan membangun ke-eksistensi-an dalam dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pihak yang dijadikan subyek penelitian adalah pengurus dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Tani serta warga Desa Pengalusan. Sedangkan obyek penelitian ini adalah strategi komunikasi Kelompok Wanita Tani Karya Tani dalam membangun eksistensi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teori yang digunakan adalah teori pencapaian kelompok. Hasil dari penelitian ini diperoleh tiga strategi yang digunakan yaitu identifikasi dan sosialisasi terhadap sasaran, menggunakan media sosial untuk promosi produk maupun promosi kegiatan, dan melakukan pertemuan rutin untuk menyampaiakan informasi. Hal yang ditemukan dalam penelitian sesuai dengan teori pencapaian kelompok mencakup tiga unsur yaitu input, berupa interaksi yang dibangun cukup baik, output berupa prestasi yang diperoleh serta variable perantara yaitu pembagian tugas anggotanya dalam setiap kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertanian, Kelompok Wanita Tani, Strategi Komunikasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.64 Organisasi Wanita
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: IKA SRIANI sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:43
Last Modified: 23 Jun 2022 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14164

Actions (login required)

View Item View Item