Penggunaan Media Visual Berbasis Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mengembangkan Kreativitas Menulis Siswa di MI Ma’arif NU Lamuk Kejobong Purbalingga

Haryono, Haryono (2022) Penggunaan Media Visual Berbasis Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mengembangkan Kreativitas Menulis Siswa di MI Ma’arif NU Lamuk Kejobong Purbalingga. Masters thesis, UINSAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TESIS PAK HARYONO FULL REPOSITORY.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang sangat penting bahkan menjadi pelajaran wajib yang diberikan pada setiap jenjang pendidikan. Salah satu kreativitas yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah kreativitas menulis. Semua siswa tentunya memilki potensi dalam menulis baik menulis karangan narasi, deskripsi, eksposisi dan lain sebagainya. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penggunaan media visual berbasis gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam mengembangkan kreativitas menulis siswa di MI Ma’arif NU Lamuk Kejobong Purbalingga. Penelitin ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa MI Ma’arif NU Lamuk Kejobong Purbalingga. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penggunaan media visual berbasis gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penggunaan media visual berbasis gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan oleh guru diawali dengan adanya rencana penggunaan media gambar dalam pelaksanaan pembelajaran dan penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran dikakukan dengan baik dan sistematis; 2) Penggunaan media visual berbasis gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia penting dilakukan untuk menciptakan kreativitas menulis siswa; 3) Media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan adalah gambar tunggal, gambar jamak, dan gambar seri. 4) Dalam menggunakan media gambar guru mengalami beberapa hambatan yaitu tidak semua gambar yang dibutuhkan tersedia di toko, belum tersedia alat berupa printer yang memadai untuk mencetak gambar berukuran besar, LDC hanya tersedia 1 unit untuk semua kelas, terdapat guru yang masih kurang terampil dalam menggunakan/mengoperasikan LCD proyektor; dan 5) Melalui media visual berbasis gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa berhasil menulis teks deskripsi, narasi, argumentasi, eksposisi, persuasi, dan eksplanasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Haryono Haryono sdr
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:32
Last Modified: 23 Jun 2022 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14157

Actions (login required)

View Item View Item