NILAI EDUKATIF ANAK USIA DINI MENGENAL NEW NORMAL DALAM BUKU CERITA "KEBIASAAN BARUKU: HIDUP BERDAMPINGAN DENGAN COVID-19" KARYA DIAN KRISTIANI

Mi'had, Zahro Al Jannah (2022) NILAI EDUKATIF ANAK USIA DINI MENGENAL NEW NORMAL DALAM BUKU CERITA "KEBIASAAN BARUKU: HIDUP BERDAMPINGAN DENGAN COVID-19" KARYA DIAN KRISTIANI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Revisi Skripsi - Mi'had Zahro Al Jannah - 1717406070 New.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Revisi Skripsi - Mi'had Zahro Al Jannah - 1717406070 New.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku cerita merupakan salah satu bentuk karya sastra yang mampu dijadikan sebagai media untuk menanamkan nilai edukatif pada anak usia dini. Salah satu buku cerita yang di dalamnya terdapat nilai edukatif adalah buku cerita dengan judul Kebiasaan Baruku: Hidup Berdampingan dengan Covid-19 karya Dian Kristiani. Buku cerita tersebut merupakan buku cerita anak yang di dalamnya membahas tentang suatu keluarga terdiri dari tokoh Ayah, Ibu, Kak Nina, dan Adit yang dihadapkan pada situasi kebiasaan-kebiasaan baru di masa new normal Covid-19. Buku cerita tersebut mampu dijadikan media bagi orang tua maupun pendidik untuk mengenalkan new normal kepada anak sebab buku cerita merupakan salah satu dari bagian dunia anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukatif untuk anak usia dini mengenal new normal dalam buku cerita Kebiasaan Baruku: Hidup Berdampingan dengan Covid-19 karya Dian Kristiani, sehingga buku cerita tersebut mampu dijadikan sebagai media oleh orang tua maupun pendidik saat akan mengenalkan new normal pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (Library research). Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif deskriptif, di mana teknik yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Peneliti akan mencari dan menggali data yang ada di dalam buku cerita Kebiasaan Baruku: Hidup Berdampingan dengan Covid-19 karya Dian Kristiani yang merupakan sumber data dari penelitian ini dengan cara membaca, mencatat, dan pemberian kode. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, hasilnya menunjukkan bahwa dalam buku cerita Kebiasaan Baruku: Hidup Berdampingan dengan Covid-19 karya Dian Kristiani terdapat nilai edukatif di antaranya: 1) Nilai edukatif menjaga kebersihan tubuh, 2) Nilai edukatif pola hidup sehat, 3) Nilai edukatif kedisiplinan, 4) Nilai edukatif kemandirian, 5) Nilai edukatif tolong menolong, 6) Nilai edukatif kasih sayang, 7) Nilai edukatif kepatuhan, dan 8) Nilai edukatif kesiapsiagaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai edukatif, anak usia dini, new normal, buku cerita.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.71 Seni Sastra
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MI'HAD ZAHRO AL JANNAH sdri
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:50
Last Modified: 22 Jun 2022 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item