PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL MIKRO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2016-2020

FATIMAH, FATIMAH (2022) PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL MIKRO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2016-2020. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FATIMAH_PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL MIKRO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2016-2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indeks Saham Syariah Indonesia merupakan indeks dalam pasar modal yang diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 12 Mei 2011. ISSI merupakan indeks saham yang mencerminkan keseluruhan saham syariah yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES). ISSI mengalami pertumbuhan dibuktikan dengan kapitalisasi pasar saham syariah Indonesia yang berhasil mencapai Rp 3.500 triliun atau setara dengan 47,5% dari total kapitalisasi pasar saham di Bursa Efek Indonesia. Dalam berinvestasi tentunya investor akan melihat nilai suatu perusahaann apakah baik atau tidak sehingga perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor fundamental mikro yang diproksikandengan rasio ROA, ROE, dan DER terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan EPS dan Tobin’s Q. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan yang terdaftar di ISSI selama periode tahun 2016-2020 sejumlah 270 perusahaan. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 12 perusahaan yang dijadikan objek penelitian. Data yang digunakan yaitu data 12 perusahaan dari tahun 2016-2020 sehingga diperoleh 60 data penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel ROA berpengaruh terhadap EPS, variabel ROE berpengaruh terhadap EPS, variabel DER berpengaruh terhadap EPS, variabel ROA berpengaruh terhadap Tobin’s Q, variabel ROE berpengaruh terhadap Tobin’s Q, variabel DER berpengaruh terhadap Tobin’s Q. Variabel ROA, ROE, dan DER secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan rasio EPS, dan variabel ROA, ROE, dan DER secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan rasio Tobin’s Q. Kata Kunci: Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), Tobin’s Q.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), Tobin’s Q.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatimah Fatimah sdri
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:01
Last Modified: 22 Jun 2022 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14116

Actions (login required)

View Item View Item