PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI SD ISLAM TA'ALLUMUL HUDA BUMIAYU BREBES

Budi Putra, Septian (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI SD ISLAM TA'ALLUMUL HUDA BUMIAYU BREBES. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Budi Putra Septian_Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di SD Islam Ta'allumul Huda Bumiayu Brebes.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni budaya dan prakarya memiliki peran yang besar bagi peserta didik. Materi pokoknya mengandung beberapa sifat yang penting, seperti multidimensional, multilingual, dan multikultural. Seni budaya dan prakarya mampu mengembangkan berbagai jenis kecerdasan manusia, seperti kecerdasan emosi, kecerdasan intelektual, kecerdasan kreatif, kecerdasan moral serta kecerdasan spiritual. Melalui berbagai peningkatan kecerdasan tersebut diharapkan mampu membentuk karakter. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai karakter, internalisasi pembentukan karakter melalui pembelajaran seni budaya dan prakarya di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data perpanjangan keikutsertaan, ketekunan observasi, trianggulasi, dan diskusi dengan teman. Hasil penelitian menunjukkan pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran seni budaya dan prakarya adalah dengan terlaksananya pembelajaran tematik terpadu melalui rencana dan pelaksanaan pembelajaran. Dalam praktiknya guru mengintegrasikan melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, keteladanan, pembiasaan, kegiatan spontanitas, menanamkan kedisiplinan, serta juga dengan menciptakan suasana kondusif. Di dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya guru mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh Kemendiknas disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik tentang pentingnya integrasi pembentukan karakter di sekolah dasar melalui pembelajaran seni budaya dan prakarya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: karakter, pembelajaran, seni budaya dan prakarya
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Budi Putra Septian sdr
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:38
Last Modified: 22 Jun 2022 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item View Item