MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN WUSTHA AL-FIEL KABUPATEN CILACAP

Wahyu Fatikhatul, Umniyah (2022) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN WUSTHA AL-FIEL KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wahyu Fatikhatul Umniyah_Manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan brand image pada program pendidikan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Pendidikan Kesetaraan sebagai lembaga pendidikan non-formal yang keberadaannya masih berlangsung sampai saat ini. Hal itu tidak terlepas dari peran hubungan masyarakat yang berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi mengenai program pendidikan kepada masyarakat. Salah satu bentuk luaran dari adanya peran hubungan masyarakat dalam menjalankan fungsi manajeman nya adalah dengan adanya brand image yang ada ditengah-tengah masyarakat. Bilamana Program Pendidikan Kesetaraan tidak memiliki image yang baik tentu akan berpengaruh terhadap keberlangsungan penyelenggaran Program Pendidikan Kesetaraan. Karena saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan dalam lembaga pendidikan tentu harus disikapi dengan strategi- strategi dalam meningkatkan brand image.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Dimana dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verivikasi data. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Berdasarkan pengumpulan data serta analisis data, hasil penelitian ini bahwa : humas pada Program Pendidikan Kesetaraan Wustha Al- Fiel Kabupaten Cilacap telah menjalankan fungsi manajemen sesuai dengan prosedur yang dimulai dari tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan dan tahap monitoring evaluasi. Hal tersebut relevan dengan teori George R. Terry. Selain itu dalam meningkatkan brand image humas telah menerapkan strategi membentuk brand image yaitu dengan melihat posisi, menjadikan perbedaan sebagai program unggulan, dan memberikan layanan prima. Hal tersebut relevan dengan positioning, differenting, dan proses service yang dikemukakan oleh Herman Kertajaya. Selain itu juga menerapkan langkah-langkah dalam membentuk brand image, serta paham akan manfaat dan tujuan brand image bagi Program Pendidikan Kesetaraan Wustha Al- Fiel Kabupaten Cilacap. Kata Kunci : Manajemen Humas, Brand Image, Program Pendidikan Kesetaraan Equality Education as a non-formal educational institution whose existence is still ongoing today. This is inseparable from the role of public relations which plays an active role in disseminating information about educational programs to the public. One of the external forms of the role of public relations in carrying out its management function is the existence of a brand image in the midst of society. If equality education does not have a good image, it will certainly affect the sustainability of the implementation of equality education programs. Because currently it is undeniable that competition in educational institutions must certainly be addressed with strategies in improving brand image. This research uses a qualitative approach, and is a type of field research (field research). Where in data collection, researchers use observation techniques, interviews and documentation. The data analysis used includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions or data verification. Examination of the validity of the data using source tringulation and tringulation techniques. Based on data collection and data analysis, the results of this study are: that public relations in the Wustha Al-Fiel equality education program, Cilacap Regency, has carried out management functions in accordance with procedures starting from the planning stage, organizing stage, implementation stage and evaluation monitoring stage. This is relevant to the theory of George R. Terry. In addition, in improving the brand image, public relations has implemented a strategy of forming a brand image, namely by looking at the position, making differences as superior programs, and providing excellent service. This is relevant to the positioning, differenting, and service process proposed by Herman Kertajaya. In addition, it also implements steps in forming a brand image, as well as understanding the benefits and goals of brand image for the equality education program Wustha Al- Fiel Cilacap Regency. Keywords : Public Relations Management, Brand Image, Equality Education

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Humas, Brand Image, Program Pendidikan Kesetaraan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wahyu Fatikhatul Umniyah sdri
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:31
Last Modified: 22 Jun 2022 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14100

Actions (login required)

View Item View Item