MANAJEMEN PONDOK PESANTREN HIKMATUL HUDA DAN TAALLUMUL HUDA SALEM KABUPATEN BREBES

M. Ma'mun Farid, Farihi (2022) MANAJEMEN PONDOK PESANTREN HIKMATUL HUDA DAN TAALLUMUL HUDA SALEM KABUPATEN BREBES. Masters thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
M. MAMUN FARID FARIHI_MANAJEMEN PONDOK PESANTREN HIKMATUL HUDA DAN TAALLUMUL HUDA SALEM KABUPATEN BREBES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen Pondok Pesantren begitu menarik untuk dikaji, sejarah awal yang hanya sebagai tempat untuk mengajar ngaji berevolusi menjadi tempat pencetak ulama bahkan umaro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pondok pesantren Hikmatul Huda dan Ta’allumul Huda mulai dari perencanaan,pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Langkah penelitian diawali dengan mengumpulkan seluruh data yang didapat pada wawancara mendalam, catatan observasi, foto kegiatan, foto dokumen, data kurikulum, data pengajar dan juga santri. Data kemudian dibaca dan ditulis berdasarkan dengan kode yang sesuai dengan rumusan masalah, menghubungkan setiap sub poin dengan data pokok yang kemudian diinterpretasikan dalam bentuk kalimat. Hasil temuan penelitian pada Pondok Pesantren Hikmatul Huda bertipe pesantren salafiyah, karena hanya mengajarkan kitab kuning saja pada pendidikannya, Pondok Psantren Ta’allumul Huda bertipe pesantren Khalafiyah karena menggabungkan pengajaran kitab kuning dengan sekolah formal. Perencanaan manajemen ponpes Hikmatul Huda masih belum optimal, pengorganisasian masih belum rapih, dan pada pelaksanaan dan evaluasi masih terkesan belum profesional. Pada ponpes Ta’allumul Huda sudah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dengan sangat baik, mulai dari perencanaan yang tersusun rapi, pengorganisasian yang baik, sehingga pelaksanaan dan evaluasi sangat professional. Pada akhirnya kualitas manajemen pondok pesantren sangat berpengaruh terhadap pesatnya perkembangan lembaga itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pondok Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. MA'MUN FARID FARIHI sdr
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:28
Last Modified: 22 Jun 2022 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item View Item