IMPLEMENTASI KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI KAMULYAN KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS

Auliya Dewi, Fajriani (2021) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI KAMULYAN KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
auliya dewi fajriani_skripsi_ 1717405049.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterampilan dasar mengajar merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh guru agar dapat mengelola pembelajaran di kelas dengan baik. Keterampila mengadakan variasi merupakan salah satu aspek yang penting untuk dimiliki guru dalam mengimplementasikan pembelajaran. Keterampilan mengadakan variasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan guru dalam proses interaksi pembelajaran yang bertujuan untuk mengatasi kebosanan dan kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan adanya variasi dalam pembelajaran maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan alat pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri Kamulyan. Penelitian ini menggunakan metode lapangan yang bersifat desrkriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti ialah SD Negeri Kamulyan di peroleh dari Guru Kelas IV, Siswa Kelas IV dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data mencakup: pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran matematika, yaitu: 1) Variasi gaya mengajar yang meliputi variasi suara yang meliputi penekanan kata penting, pemusatan perhatian dengan lisan dan isyarat, membuat kesenyapan sejenak, mengadakan kontak pandang, variasi gerak badan dan mimik melalui gerakan tangan saat menulis, gerakan kepala, dan mengubah posisi dengan bergerak berjalan ke seluruh ruang kelas sembari menghampiri siswa. 2) Variasi penggunaan media dan bahan pelajaran melalui variasi media audio visual berupa video yang ditampilkan melalui LCD proyektor. 3) Variasi pola interaksi dan kegiatan dengan komunikasi multi arah, variasi kegiatan berupa cerama, diskusi dan tanya jawab. Kendala yang dialami oleh guru dalam pembelajaran yaitu adanya perbedaan siswa, daya serap yang berbeda pada setiap anak, kurangnya kedisiplinan siswa, dan siswa terlalu pasif ketika pembelajaran. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut ialah guru membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dengan berbagai variasi pembelajaran serta tetap memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru yang mengadakan variasi pada proses pembelajaran matematika mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Dengan adanya variasi cara mengajar, variasi penggunaan media dan bahan ajar, serta variasi pola interaksi yang bervariasi, membuat siswa menjadi lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran matematika serta berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapat oleh siswa. Kata kunci : Keterampilan Guru, Variasi Mengajar, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Variasi Mengajar, Matematika
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AULIYA DEWI FAJRIANI
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:42
Last Modified: 22 Jun 2022 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14066

Actions (login required)

View Item View Item