IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MASA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA MI MUHAMADIYAH KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

Indah, Zubaidah (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MASA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA MI MUHAMADIYAH KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Indah Zubaidah_Implementasi Pembelajaran Tatatp Muka Terbatas Masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 membatasi ruang gerak pembelajaran sehingga dilaksanakan secara daring. Namun, terdapat sejumlah persoalan seperti, menurunnya motivasi belajar siswa dan kurangnya pemahaman materi karena tidak adanya interaksi langsung antara guru dan siswa. Pemerintah mencoba memberlakukan tatap muka terbatas untuk mengatasinya. Oleh karena itu, diharapkan dengan diimplementasikannya pembelajaran tatap muka terbatas mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa dan orang tua sejumlah 12 serta guru di MI Muhammadiyah Karangtalun Kidul Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Adapun objek penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran tatap muka terbatas masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan, motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah Karangtalun Kidul semakin meningkat dengan adanya pembelajaran tatap muka terbatas karena adanya interaksi langsung antara siswa dan guru. Siswa menjadi semakin mudah memahami materi serta orang tua merasa sangat terbantu meskipun masih menggunakan dua sistem yaitu luring dan daring 50%. Motivasi belajar yang tinggi pada siswa MI Muhammadiyah Karangtalun Kidul ditandai dengan semangat belajar yang tinggi, kemandirian, tanggung jawab, disiplin, mencari solusi saat menghadapi kesulitan, memanfaatkan sumber belajar baik buku maupun internet, dan pengendalian diri yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Motivasi Belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Zubaidah
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:15
Last Modified: 23 Jun 2022 01:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item