PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA LELE (Pada Kelompok Mina Panguripan Desa Kasih Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga)

Afton, Zuhdi (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA LELE (Pada Kelompok Mina Panguripan Desa Kasih Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Afton Zuhdi_1522104003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pada kelompok Mina Panguripan berawal dari beberapa faktor, seperti kondisi masyarakat yang sebagian besar sebagai petani tapi sering gagal panen, pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah kepala ikan tongkol, dan juga lahan milik desa yang tidak terpakai. Sehingga pelopornya yaitu Pak Rasdi berinisiatif untuk melakukan budidaya ikan lele dengan menyewa lahan kosong milik desa dan memanfaatkan limbah kepala ikan tongkol sebagai pakan selain untuk mengurangi pencemaran juga mengurangi biaya pengeluaran. Sehingga mampu berkembang dengan cepat dan membentuk kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele di Desa Kasih. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisia data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele pada kelompok Mina Panguripan dilakukan melalui beberapa tahapan pemberdayaan, yaitu tahapan persiapan, tahapan pengkajian, tahapan perencanaan alternatif, tahapan pemformalisasi, tahapan pelaksanaan, tahapan evaluasi dan tahapan terminasi. Pemberdayaan yang dilakukan kelompok Mina Panguripan dinilai berhasil karena semua tahapan sudah terlewati sehingga mendapatkan beberapa hasil seperti dapat mengurangi pencemaran lingkungan, pemanfaatan lahan tidak terpakai, dan mampu menaikkan taraf hidup anggota dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, masyarakat, budidaya ikan lele
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sdr Afton Zuhdi
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:47
Last Modified: 21 Jun 2022 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item