ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA MAN 1 CILACAP

Nur, Rohmah (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA MAN 1 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Rohmah_Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk menyampaikan ide atau gagasannya secara tertulis maupun lisan. Kemampuan komunikasi matematis menjadi salah satu kemampuan dasar matematis yang esensial yang perlu dimiliki oleh siswa sekolah menengah karena kemampuan komunikasi tercantum di dalam kurikulum dan tujuan pembelajaran matematika sekolah menengah. Kemampuan komunikasi matematis tidak berdiri sendiri, melainkan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat komunikasi matematis siswa dan salah satunya yaitu rasa percaya diri. Orang yang memiliki rasa percaya diri mampu menyesuaikan diri berkomunikasi dengan baik dalam berbagai situasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kepercayaan diri siswa kelas XI IPA MAN 1 Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dimana subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Cilacap. Dari subjek tersebut dipilih 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan kategori kepercayaan diri tinggi, 2 siswa dengan kategori kepercayaan diri sedang, dan 2 siswa dengan kategori kepercayaan diri rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kepercayaan diri siswa, tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kategori kepercayaan diri tinggi memiliki kemampuan komunikasi yang tergolong tinggi dan siswa masih belum maksimal dalam menyelesaikan persoalan dengan indikator menjelaskan ide situasi dan relasi matematika secara tulisan melalui benda nyata, gambar, grafik atau aljabar (Written text) serta indikator menggunakan rumus matematika dan simbol matematika dengan benar (Mathematical expressions). Siswa dengan kategori kepercayaan diri sedang memiliki kemampuan matematis yang tergolong sedang namun siswa masih melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan persoalan dengan indikator menjelaskan ide situasi dan relasi matematika secara tulisan melalui benda nyata, gambar, grafik atau aljabar (Written text) serta indikator menghubungkan gambar atau benda nyata ke dalam ide matematika (Drawing). Sedangkan siswa dengan kategori kepercayaan diri rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tergolong sedang dan siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan dengan indikator menyatakan situasi ke dalam bentuk ide matemaika (Written text) serta indikator menggunakan simbol-simbol matematika dengan benar (Drawing).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri Siswa
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Rohmah sdri
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:45
Last Modified: 21 Jun 2022 03:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14030

Actions (login required)

View Item View Item