PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB KELAS VIIA DI MTS MUHAMMADIYAH 09 PURBALINGGA

Sekar, Dwi Nur Aini (2022) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB KELAS VIIA DI MTS MUHAMMADIYAH 09 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sekar Dwi Nur Aini_Penerapan Model Make A Match Dalam Pembelajaran Mufradat Kelas VIIA di MTs Muhammadiyah 09 Purbalingga.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari bahasa Arab terdapat empat kemampuan yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa, yakni kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Untuk menguasai keempat keterampilan tersebut salah satu upaya yang harus ditempuh adalah dengan meningkatkan pemerolehan mufradat atau kosakata bahasa Arab, karena hal itu sangat membantu hasil belajar dari keempat keterampilan berbahasa Arab. Dalam pemerolehan mufradat tersebut diperlukan adanya suatu model pembelajaran yang tepat agar siswa mampu menyerap dengan baik mufradat yang disampaikan oleh guru. Salah satunya adalah dengan menggunakan model Make A Match merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dalam memahami mufradat. Berdasarkan latar belakang yang penulis paparkan, masalah yang penulis pilih untuk dijadikan fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimana penarapan model Make A Match dalam pembelajaran mufradat kelas VIIA di MTs Muhammadiyah 09 Purbalingga. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan model Make A Match dalam pembelajaran mufradat kelas VIIA di MTs Muhammadiyah 09 Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskripstif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang penulis lakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran mufradat kelas VIIA di MTs Muhammadiyah 09 Purbalingga, guru melakukan pembelajaran mufradat dengan menggunakan model Make A Match. Langkah awal yang dilakukan oleh guru adalah dengan mempersiapkan kartu soal dan jawaban yang berisi mufradat dan artinya. Kemudian guru memberikan kartu soal dan jawaban tersebut kepada siswa dan siswa memasangkan kartu tersebut yang sesuai baik kartu soal maupun kartu jawaban. Setelah siswa berhasil memasangkan kartu, guru memerintahkan siswa untuk mempresentasikan dan menunjukkan kartu yang telah didapatkan oleh masing-masing siswa. Kata kunci: Model Make A Match, Pembelajaran Mufradat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match, Pembelajaran Mufradat
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sekar Dwi Nur Aini
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:22
Last Modified: 17 Jun 2022 06:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13969

Actions (login required)

View Item View Item