Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Tapak Suci Di Mi Muhammadiyah Gumiwang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga

Fatchur, Rachman (2022) Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Tapak Suci Di Mi Muhammadiyah Gumiwang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Masters thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tesis_Fatchur Rachman.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sekarang dirasa belum mencapai tujuan menjadikan manusia menjadi cerdas serta mempunyai akhlak. Terbukti rusaknya moral semakin parah, sering terjadi tawuran, kejahatan, serta korupsi dikarenakan kegagalan pada pendidikan yang hanya mementingkan akademik saja, serta mengabaikan permasalahan moral. Oleh karenanya, Indonesia kehilangan etika serta pendidikan kehilangan karakter. Berdasarkan kondisi tersebut maka penting memprioritaskan pendidikan karakter melalui pengembangan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler sebagai kegiatan guna pengembangan bakat, minat, keahlian, kepribadian, serta sikap mandiri siswa guna menunjang ketercapaian tujuan pendidikan nasional. Pembentukan karakter baik secara fisik maupun mental dapat dilakukan di sekolah melalui beladiri tapak suci. Penguatan karakter melalui kegiatan tapak suci inilah telah dilakukan di MI Muhammadiyah Gumiwang. Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan dan menganalisis penguatan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di MI Muhammadiyah Gumiwang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MI Muhammadiyah Gumiwang telah dengan baik melakukan penguatan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler tapak suci melalui beberapa kegiatan pelatihan yaitu (1) pelatihan teknik dasar tapak suci, (2) pelatihan jurus tapak suci, dan (3) pelatihan sabung tapak suci. Berdasarkan hasil penelitian sebagaimana telah disebutkan di atas maka hasil dari penelitian ini dapat menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler tapak suci sudah berhasil menjadi sarana dalam penguatan karakter peserta didik. pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tapak suci sudah berjalan dengan baik. Keberhasilan tersebut dapat terlihat pada beberapa karakter peserta didik sudah terlihat seperti pada karakter religious,disiplin, tanggung jawab, sportivitas, dan karakter lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Karakter, Ekstrakurikuler, Tapak Suci
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatchur Rachman sdr
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:38
Last Modified: 17 Jun 2022 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item