Muhammad Luthfi, Anam Khoirudin (2022) Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Nadzam Kitab Hidayatus Shibyan di TPQ Darussalam Desa Dukuhwaluh Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Muhammad Luthfi Anam Khoirudin_Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Nadzam Kitab Hidayatus Shibyan di TPQ Darussalam Desa Dukuhwaluh Kabupaten Banyumas.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di zaman seperti ini yang semua mudah dan akhirnya melalaikan untuk mempelajari agama terkhususnya Al-Qur’an, sangatlah dibutuhkan pendidikan agama sejak dini. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) salah satu pendidikan non formal yang tepat dalam penanaman agama sejak dini. TPQ Darussalam merupakan pendidikan non formal yang berisi pengajian iqro’ dan Al-Qur’anserta dilengkapi dengan pembelajaran ilmu tajwid melalui nadzam kitab Hidayatus Shibyan karya Syaikh Sa’id ibn Sa’ad An-Nabhani Al-Hadrami. Dengan adanya pembelajaran yang ada di TPQ, menjadi salah satu cara untuk mempelajari bagaimana membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus. TPQ Darussalam yang letaknya di Desa Dukuhwaluh Kabupaten Banyumas merupakan tempat yang dijadikan sebagai penelitian. Subyek penelitiannya meliputi dewan asatidz TPQ Darussalam dan santri Al-Qur’an TPQ Darussalam. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualilatif. Penyajian data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran ilmu tajwid melalui nadzam kitab Hidayatus Shibyan di TPQ Darussalam Desa Dukuhwaluh Kabupaten Banyumas telah sesuai dengan teori pembelajaran dan implementasi. Dimana pembelajaran di TPQ Daruusalam meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan implementasi pembelajaran nadzam kitab Hidayatus Shibyan meliputi pra pembelajaran nadzam, pembelajaran nadzam, dan praktik membaca Al-Qur’an. Sebelum memasuki pembelajaran nadzam dan praktik membaca Al-Qur’an, seluruh santri membacakan nadzam secara klasikal. Dalam praktik membaca Al-Qur’an inilah yang menjadi kegiatan inti implementasi pembelajaran nadzam kitab Hidayatus Shibyan, karena ketika membaca Al-Qur’an ustadz melakukan evaluasi dengan cara memberikan pertanyaan hukum tajwid yang sedang dibaca. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, Ilmu Tajwid, Nadzam Kitab Hidayatus Shibyan, Syaikh Sa‟id ibn Sa‟ad An-Nabhani Al-Hadrami.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran, Ilmu Tajwid, Nadzam Kitab Hidayatus Shibyan, Syaikh Sa‟id ibn Sa‟ad An-Nabhani Al-Hadrami |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.71 Seni Sastra 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.78 Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Luthfi Anam Khoirudin |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 06:15 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 06:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13958 |
Actions (login required)
View Item |