PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU MENABUNG MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MASYARAKAT KECAMATAN RANGKASBITUNG KABUPATEN LEBAK)

SRI NIA, AGUSTIN (2022) PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU MENABUNG MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MASYARAKAT KECAMATAN RANGKASBITUNG KABUPATEN LEBAK). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SRI NIA AGUSTIN_ PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU MENABUNG MASYAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MASYARAKAT KECAMATAN RANGKASBITUNG KABUPATEN LEBAK).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menabung adalah kegiatan menyisihkan uang yang didapatkan dari pendapatan baik itu pendapatan pokok, pendapatan sampingan dan pendapatan lainnya yang bertujuan untuk mengelola keuangan dan bermanfaat untuk masa depan jika kita melakukannya secara konsisten. Pengelolaan tabungan merupakan kegiatan yang cukup sulit bagi masyarakat yang belum terbiasa untuk menabung dalam jangka waktu yang ditentukan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan, literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku menabung. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh variabel pendapatan, literasi keuangan, dan gaya hidup secara parsial dan simultan terhadap perilaku menabung di masa pandemi covid-19. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden sebanyak 100 sampel melalui teknik sampling purposive. Berdasarkan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas yang telah dilakukan terhadap jawaban responden bahwa tidak ditemukan penyimpangan-penyimpangan asumsi dasar dalam melakukan pengujian sehingga data yang digunakan telah memuhi, untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan metode SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel literasi keuangan dan gaya hidup secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung sedangkan variabel pendapatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku menabung. Sementara berdasarkan uji simultan bahwa keseluruhan variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yang dibuktikan dengan nilai fhitung sebesar 39.509 > 2.698 dan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendapatan, literasi keuangan, gaya hidup dan perilaku menabung
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sri Nia Agustin sdri
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:23
Last Modified: 17 Jun 2022 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item