ANALISIS RELASI EKSISTENSI MASJID AL-IHSLAH DENGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK INTEGRATIF DI SEKOLAH POLISI NEGARA POLDA JATENG PURWOKERTO

Febriana, Istiqomah (2022) ANALISIS RELASI EKSISTENSI MASJID AL-IHSLAH DENGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK INTEGRATIF DI SEKOLAH POLISI NEGARA POLDA JATENG PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi Selesai Febriana Istiqomah Alhamdulillah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Polisi Negara merupakan salah satu bagian dari instritusi pendidikan Polri dan bertujuan untuk membentuk personil Polri yang profesional, mandiri dan berwawasan luas untuk ikut berkontribusi menciptakan kesejahteraan dan keamanan dalam masyarakat, dimana untuk mencapai tujuan tersebut tidak hanya membutuhkan pendidikan formal tetapi juga pendidikan keagamaan guna menyelaraskan dan mengintegrasikan peran secara ideal dalam bidangnya. Permasalahana yang akan di teliti dan dikaji oleh peneliti adalah bagaimanakah relasi eksistensi masjidi Al-Ishlah dengan implementaasi pendidikan islam holistik integratif di SPN Polda Jateng. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif-kualitatif. Pihak yang menjadi subjek penelitian adalah ketua SPN Polda Jateng, Anggota dan siswa SPN Polda Jateng, serta Takmir Masjid Al-Ishlah. Untuk Teknik pengumpulan data, Teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik menganalisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan melakukan verifikasi dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa relasi antara keberadaan Masjid Al-Ishlah dengan pendidikan islam holistik integratif di SPN Polda Jateng bisa diamati dengan jelas ketika jadwal pendidikan dengan jadwal ibadah dan atau jadwal keagamaan di masjid Al-Ishlah seimbang dan terstruktur dengan baik sehingga antara pendidikan sekolah dengan pendidikan agama terintegrasi dengan baik serta hal ini yang akan menjadikan kader Polri yang ideal, profesional, dan integratif di masa depan. Kata Kunci: SPN Polda Jateng, Masjid Al-Ishlah, Pendidikan Islam Holistik Integratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SPN Polda Jateng, Masjid Al-Ishlah, Pendidikan Islam Holistik Integratif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febriana Istiqomah sdri
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:14
Last Modified: 01 Aug 2022 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13943

Actions (login required)

View Item View Item