ANALISIS NILAI KARAKTER BUKU TEKS KELAS IV SD/MI TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN: KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Zella Dina, Budianti (2022) ANALISIS NILAI KARAKTER BUKU TEKS KELAS IV SD/MI TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN: KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zella Dina Budianti_Analisis Nilai Karakter Buku Teks Kelas IV SD MI Tema Indahnya Kebersamaan Keberagaman Budaya Bangsaku dan Relevansinya dengan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak upaya yang dilakukan untuk memberikan pendidikan karakter kepada peserta didik. Komponen yang ada dalam pendidikan seperti pendidik, peserta didik dan bahan dalam pembelajaran seperti buku hendaknya memiliki peranan yang sangat penting untuk memberikan nilai-nilai karakter pada peserta didik. Keberagaman bangsa Indonesia yang kemudian dijadikan bahan pembelajaran berupa buku untuk siswa kelas IV SD/MI dengan membubuhkan nilai-nilai karakter yang direlevansikan dengan penguatan pendidikan karakter di sekolah. Maka secara tidak langsung peserta didik akan mempunyai karakter yang baik apa bila lingkungannya memiliki nilai karakter yang baik. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam buku kelas IV SD/MI tema Indahnya Kebersamaan subtema Keragaman Budaya Bangsaku yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis penelitian kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah terdapat 3 nilai karakter yang ditemukan yaitu Religius, Nasionalis dan Gotong Royong. Nilai karakter Religius yang ditemukan adalah nilai Religius dengan dua dimensi relasi yaitu hubungan individu dengan Tuhan dan hubungan individu dengan sesama. Adapun sub nilai Religius yang telah ditemukan adalah toleransi dan cinta damai. Pada analisa nilai Nasionalis dengan sub nilai yang ditemukan antara lain apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa, rela berkorban, cinta tanah air, menghormati keragaman budaya, suku,dan agama. Pada analisa nilai karakter Gotong Royong, peneliti menemukan sub nilai sikap solidaritas. Selain menemukan tiga nilai karakter, peneliti menemukan relevansi dan keterkaitan antara lima nilai utama karakter bangsa Indonesia yang terdapat dalam buku teks Tema Indahnya Kebersamaan: Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD/MI dengan proses penguatan pendidikan karakter di sekolah. Karakter utama yang diajarkan dalam buku teks tersebut sangat relevan dan dapat berfungsi sebagai sarana pendukung penguatan pendidikan karakter disekolah. Sebab buku teks yang sering dibaca dan dikerjakan tugas-tugasnya oleh siswa tersebut, dapat berfungsi sebagai sarana pendukung yang mampu mempengaruhi perkembangan karakter siswa. Buku tematik yang berisikan nilai-nilai karakter yang positif tersebut dapat mempengaruhi perkembangan siswa untuk selalu melakukan perbuatan dan tingkah laku yang berkarakter positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diisi dengan keyword Karya Tulis Akhir
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Zella Dina Budianti
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:08
Last Modified: 16 Jun 2022 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13941

Actions (login required)

View Item View Item