KONSEP BELAJAR DALAM SURAT AL-’ALAQ AYAT 1-5 (STUDI KITAB TAFSIR MUNIR KARYA IMAM NAWAWI)

Maulana Wisnu, Aditya (2022) KONSEP BELAJAR DALAM SURAT AL-’ALAQ AYAT 1-5 (STUDI KITAB TAFSIR MUNIR KARYA IMAM NAWAWI). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Maulana Wisnu Aditya_1522402019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak ayat dalam al-Qur’an yang menjelaskan tentang konsep pendidikan bagi umat manusia. Beberapa di antaranya adalah Q.S. An-Nahl ayat 78 tentang komponen pada diri manusia yang harus di fungsikan dalam kegiatan belajar dan pembelajaran, Q.S. Al-‘Alaq ayat 1-5 tentang perintah belajar dan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini akan mengkaji mengenai isi kandungan dalam Q.S. al-‘Alaq yang membahas mengenai hakikat belajar persektif Imam Nawawi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara mendalam mengenai konsep belajar yang terkandung dalam Q.S. al-‘Alaq ayat 1-5 pada kitab Tafsir Munir karya Imam Nawawi. Dengan melihat beberapa teori yang ada kemudian digunakan untuk menganalisis setiap konsep belajar yang terkandung dalam Q.S. al-‘Alaq ayat 1-5 pada kitab Tafsir Munir karya Imam Nawawi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya termasuk penelitian library research (studi kepustakaan). Sesuai dengan penelitiannya maka peneliti menjadikan sebuah kitab Tafsir Munir karya Imam Nawai untuk diteliti. Metode penelitiannya adalah dengan cara mengumpulkan data-data yang digunakan sebagai sumber analisis teks yang dikaji, atau disebut juga metode dokumentasi. Dokumentasi dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data-data terkait berupa tulisan yang relevan dengan fokus penelitian tersebut. Selanjutnya metode analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Adapun asil penelitian ini diantaranya adalah: (1) Ayat pertama dan ketiga menjelaskan akan pentingnya menyertakan nama Allah SWT dalam setiap kegiatan membaca/membaca al-Qur’an. (2) Ayat kedua menjelaskan bagaimana manusia itu terbentuk dari ‘alaq (segumpal darah). (3) Ayat keempat menjelaskan bahwa menulis merupakan bagian dari kegiatan belajar. (4) Ayat kelima menjelaskan bahwa Allah SWT selalu mengajarkan kepada setiap umatnya hal-hal yang belum mereka ketahui.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Belajar, Q.S. al-‘Alaq ayat 1-5, Tafsir Munir
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.39 Tafsir Lainnya
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Wisnu Aditya sdr
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:15
Last Modified: 16 Jun 2022 06:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13938

Actions (login required)

View Item View Item