PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MIN 1 BANYUMAS

Lutfi, Nurtika (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MIN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LUTFI NURTIKA_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MIN 1 BANYUMAS.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merebaknya wabah coronavirus yang melanda seluruh dunia yang kemudian dinyatakan sebagai pandemi. Dengan adanya virus ini, pemerintah membatasi kegiatan baik di dalam maupun di luar ruangan untuk mencegah penyebaran virus tersebut, terutama pada bidang pendidikan. Demi tetap memenuhi hak belajar peserta didik meski dalam situasi pandemi covid-19, pemerintah melakukan berbagai upaya agar pemeblajaran tetap berlangsung meski harus secara jarak jauh atau melalui media online yang kemudian dikenal dengan istilah pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring di MIN 1 Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, menggunakan metode penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara mereduksi/mencatat data, menyajikan data dan menarik kesimpulan/verivikasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di MIN 1 Banyumas yaitu menggunakan whatsapp group untuk memulai pembelajaran, youtube untuk penyampaian materi beserta penugasan dalam bentuk video atau pembelajaran virtual, dan googleform untuk absensi dan evaluasi atau penilaian. Dari hal tersebut, masing-masing pendidik di MIN 1 Banyumas telah berhasil melaksanakan pembelajaran daring dengan cukup efektif. Hal ini terbukti dari pelaksanaan pembelajaran daring yang sistematis, narasi pada whatsapp group yang singkat, padat dan mudah dipahami, video atau pembelajaran virtual yang kreatif, inovatif dan mudah dipahami, serta penugasan yang jelas dan dengan takaran yang sesuai/tidak terlalu banyak. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MIN 1 Banyumas adalah tidak semua peserta didik memiliki ponsel, koneksi internet yang tidak stabil dan tidak semua peserta didik mendapat pendampingan dalam pelaksanaan pembelajaran daring, serta pendidik yang kurang mampu mengondisikan dan mengontrol pelaksanaan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pembelajaran Daring, Covid-19, Madrasah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LUTFI NURTIKA sdri
Date Deposited: 18 Jun 2022 02:00
Last Modified: 18 Jun 2022 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13928

Actions (login required)

View Item View Item