MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs MA’ARIF NU 5 DAWUHAN SIRAMPOG BREBES

Akhmad, Shofani (2022) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs MA’ARIF NU 5 DAWUHAN SIRAMPOG BREBES. Masters thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
abtrak2 bahasa.docx

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
Akhmad Shofani_Manajeme Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Ma'arif NU 5 Dawuhan Sirampog Brebes.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan kepala madrasah dalam mengolah, menjalankan strategi dan memanage administrasi sangat perlu dibutuhkan pada suatu lembaga, agar lembaga tersebut memiliki manejemen yang baik dari segi kinerja guru serta profesionalisme guru maupun prestasi dari suatu madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang di fokuskan pada penelitian lapangan (field research), manajemen yang digunakan oleh kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU 5 Dawuhan dalam meningkatkan kinerja guru. Kemudian penulis menggunakan metode deskriptif ini, yang dianggap mampu untuk dapat memecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian ini dapat berupa orang, lembaga, masyarakat dan yang lainnya yang pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya, serta pengambilan data atau penjaringan fenomena dilakukan dari keadaan yang sewajarnya atau yang dikenal dengan sebutan pengambilan data secara alami atau natural, serta melibatkan peneliti dilapangan secara langsung. Hasil penelitian terkait dengan manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU 5 Dawuhan, Melakukan analisis internal dan eksternal dilingkungan madrasah. Melakukan kordinasi dengan waka masing-masing bidang untuk merumuskan program-program madrasah dan menyusun kegiatan rencana kerja jangkan menengah (RKJM) dalam meningkatan kinerja guru. perencanaan manajemen disertai perumusan kebijakan peningkatan kinerja dewan guru, teknik peningkatan kinerja guru, serta pengevaluasian setiap programnya. Pelaksanaan program-program atau kegiatan madrasah yang sudah disusun, sedangkan implementasi manajemen di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU 5 Dawuhan memperioritaskan pada: membentuk koordinator penanggung jawab pada setiap program maupun kegiatan yang akan dilaksanakan Evaluasi manajemen yang dilakukan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU 5 Kata Kunci : Manajemen, Kepala Madrasah, Kinerja Guru MADRASAH PRINCIPAL MANAGEMENT IN IMPROVING TEACHER PERFORMANCE AT MTS MA'ARIF NU 5 DAWUHAN Ahmad Shofani NIM 201765021 ABSTRACT The madrasah principal's ability to process, implement strategies and manage administration is very much needed in an institution, so that the institution has good management in terms of teacher performance and teacher professionalism as well as the achievements of a madrasa. This study uses descriptive qualitative research that focuses on field research, the management used by the head of Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma'arif NU 5 Dawuhan in improving teacher performance. Then the author uses this descriptive method, which is considered capable of solving the problem under investigation by describing the state of the subject or object in this study, which can be in the form of people, institutions, communities and others which are currently based on the facts that appear or are, as well as Data collection or phenomenon screening is carried out from appropriate conditions or known as natural or natural data collection, and involves researchers in the field directly. The results of the research are related to the management of the Madrasah Head of Tsanawiyah (MTs) Ma'arif NU 5 Dawuhan, Conducting internal and external analysis in the madrasa environment. Coordinate with the waka of each field to formulate madrasa programs and prepare medium-term work plan (RKJM) activities in improving teacher performance. management planning is accompanied by the formulation of policies for improving the performance of the teacher council, techniques for improving teacher performance, and evaluating each program. Implementation of madrasa programs or activities that have been prepared, while the implementation of management at Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma'arif NU 5 Dawuhan prioritizes: establishing a coordinator in charge of each program or activity to be implemented Management evaluation conducted by Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma'arif NU 5 Keywords : Madrasah Principal Management, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: AKHMAD SHOFANI sdr
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:18
Last Modified: 16 Jun 2022 01:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item