PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN DASAR PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KERTANEGARA

Uswatun, Khasanah (2022) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN DASAR PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KERTANEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
USWATUN KHASANAH_PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN DASAR PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya kemampuan pengoperasian perkalian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kertanegara dalam menyelesaikan masalah. Solusi yang diperkirakan baik untuk dapat membantu masalah tersebut adalah penggunaan pendekatan pada proses pembelajarannya. Pendekatan Realistic Mathematics Education memiliki potensi dalam membantu masalah tersebut. Selain dapat membantu siswa dalam meningkatkan keaktifan di dalam proses belajar, pendekatan ini dapat meningkatkan keterampilan siswa secara kritis menyusun pengetahuan dan juga membuat konsep sendiri terhadap suatu permasalahan melalui keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan dasar perkalian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kertanegara. Penelitian ini merupakan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yaitu sebuah penelitian lapangan dengan desain dari penelitiannya adalah eksperimental dimana melibatkan dua kelas sebagai kelas sampel dalam proses penelitiannya. Kelas pertama yaitu kelas VIII A yang dijadikan kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa dan kelas kedua yaitu kelas VIII C yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan dasar perkalian siswa menggunakan soal tes berbentuk isian singkat. Tes berupa pretest dan postest yang diberikan sebelum dan sesudah praktik pembelajaran yang mana kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Kesimpulan dari penelitian ini menerangkan bahwa ada pengaruh positif dalam penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan dasar perkalian mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kertanegara, Kabupaten Purbalingga. Hal ini diterangkan berdasarkan hasil penelitian yang menyatakan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education dapat menjadi jembatan bagi siswa untuk lebih mudah dalam memahami suatu materi matematika. Hal ini juga dibuktikan dari perhitungan perbedaan nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,0844 yang berkategori rendah dan kelas eksperimen sebesar 0,7228 yang berkategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Operasi Perkalian, Pendekatan, RME.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Uswatun Khasanah
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:26
Last Modified: 15 Jun 2022 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13902

Actions (login required)

View Item View Item