DAMPAK NEGATIF LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI ERA PANDEMI COVID 19 DI MA NEGERI DESA PURBALINGGA WETAN KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA

Awaliya Nur, Fadhilah (2022) DAMPAK NEGATIF LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI ERA PANDEMI COVID 19 DI MA NEGERI DESA PURBALINGGA WETAN KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Awaliya Nur Fadhilah_Dampak Negatif Literasi Digital dalam Pembelajaran Fiqh di Era Pandemi Covid-19 di MA Negeri Purbalingga.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 yang hadir di Indonesia berdampak pada semua sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan baik formal maupun informal. Menanggapi pandemi ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Surat Edaran (SE) salah satunya SE No. 4 Tahun 2020 yang berisi Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid 19). Isi surat tersebut menyangkut proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah melalui pembelajaran online yang dilakukan dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Kegiatan pembelajaran online mengakibatkan peserta didik harus membiasakan diri dengan kegiatan pembelajaran yang baru, yaitu pembelajaran berbasis online. Pembelajaran online bisa dikatakan sebagai pembelajaran yang baru dialami oleh guru dan peserta didik. Apalagi untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran online mengharuskan peserta didik untuk dapat menguasai kemampuan mengakses dan menggunakan internet. Kemampuan mengakses internet dan menggunakan internet sering disebut sebagai literasi digital. Penggunaan media digital dalam kegiatan pembelajaran Fiqh secara online saat ini menuntut kemampuan peserta didik untuk dapat menggunakannya secara baik dan positif. Kualitas literasi digital peserta didik selama pembelajaran Fiqh secara online meningkat. Akan tetapi, saat ini banyak aplikasi atau website yang memberikan akses untuk mendapatkan jawaban mengenai tugas-tugas sekolah. Seperti aplikasi Brainly, Quizziz, Ruangguru dan lain-lain. Akibatnya peserta didik menjadi tergantung dan akan mempengaruhi kualitas literasi peserta didik. Peserta didik menjadi anak yang malas berpikir saat mengerjakan tugas sekolah. Dan menjadikan peserta didik menjadi pasif dan selalu ingin mendapatkan jawaban yang praktis dan cepat. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu guru mata pelajaran Fiqh, delapan peserta didik yang belajar Fiqh yang menguasai dan menggunakan literasi digital dan waka kesiswaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakan analisis deskriptif kualitatif menggunakan pendapat Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dampak negatif literasi digital dalam pembelajaran Fiqh di era pandemi covid 19 di MA Negeri Purbalingga terdapat enam dampak negatif yaitu peserta didik menjadi salah pemahaman karena sumber belajar di internet yang tidak akurat; penilaian hasil belajar dan penilaian sikap peserta didik yang didapatkan belum maksimal; peserta didik menjadi ketergantungan dengan selalu mengandalkan internet; peserta didik menjadi anak yang malas membuka dan membaca buku yang sudah diberikan sekolah seperti LKS, e-book dan buku pinjaman perpustakaan saat mengerjakan tugas sekolah atau PR dan memilih mencari jawaban di internet yang praktis; peserta didik lebih sering bermain handphone dibandingkan belajar; dan peserta didik menjadi lupa waktu saat bermain handphone sehingga meninggalkan hal-hal yang seharusnya dilakukan seperti sholat dan makan. Kata Kunci: Literasi Digital, Pembelajaran Fiqh, MA Negeri Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Pembelajaran Fiqh, MA Negeri Purbalingga.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Awaliya Nur Fadhilah sdri
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:35
Last Modified: 13 Jun 2022 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13856

Actions (login required)

View Item View Item