ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A MTS NEGERI 5 KEBUMEN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

ulilfahmi, ulilfahmi (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A MTS NEGERI 5 KEBUMEN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Skripsi thesis, UIN SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ulilfahmi_Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII A MTs Negeri 5 Kebumen Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)-dikonversi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang peneliti lakukan memiliki tujuan menganalisis serta mengetahui kemampuan dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A MTs Negeri 5 Kebumen pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini penting karena pemahaman konsep sangat diperlukan untuk memahami konsep-konsep matematika terutama pada materi SPLDV. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif dengan lokasi penelitian di MTs Negeri 5 Kebumen. Objek penelitian ini yaitu berupa kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang dimiliki oleh siswa kelas VIII A. Proses pengumpulan data-data dilakukan menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah siswa MTs Negeri 5 Kebumen kelas VIII A. Sedangkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas VIII A MTs Negeri 5 Kebumen memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang beragam pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Dari 30 siswa diketahui terdapat 6 siswa memiliki kemampuan pemahaman tingkat rendah, 21 siswa tingkat sedang, dan 3 siswa tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, SPLDV
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ulilfahmi Ulilfahmi sdri
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:30
Last Modified: 13 Jun 2022 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item View Item