PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KARYA BAKTI JATILAWANG

Susanti, Susanti (2022) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KARYA BAKTI JATILAWANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SUSANTI_PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KARYA BAKTI JATILAWANG.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan ketaatan siswa pada aturan yang telah ditetapkan saat belajar. Siswa yang memiliki kedisiplinan belajar yang tinggi maka kecerdasan intelektual matematikanya tinggi. Hal tersebut dikarenakan kecerdasan intelektual seseorang dapat naik jika belajar secara teratur dan latihan dengan disiplin. Kecerdasan intelektual seseorang dapat turun jika tidak belajar secara teratur dan tidak latihan dengan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan belajar terhadap kecerdasan intelektual matematika siswa kelas VIII SMP Karya Bakti Jatilawang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 119 siswa yang tersebar dari kelas VIII A sampai VIII D dengan sampel penelitian sebanyak 92 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur kedisiplinan belajar dan tes untuk mengukur kecerdasan intelektual matematika siswa. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan kecerdasan intelektual matematika siswa kelas VIII SMP Karya Bakti Jatilawang sebesar 51% dengan persamaan regresinya Y ̂=1,684+0,361X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Kecerdasan Intelektual Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Susanti Susanti
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:33
Last Modified: 13 Jun 2022 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13853

Actions (login required)

View Item View Item