KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 3 KEJOBONG

Denis, Fitriani (2022) KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 3 KEJOBONG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Denis Fitriani_Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kerjasama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama dalam pendidikan adalah hubungan antara sekolah dan orang tua. Kerjasama antara keduanya diharapkan dapat menyadarkan orang tua siswa bahwa tidak hanya guru yang berperan dalam proses pembelajaran, namun mereka juga mempunyai peran dalam pembelajaran. Tanpa adanya kerjasama dari pihak tersebut maka pembelajaran Pendidikan Agama Islam masa pandemi Covid-19 tidak dapat berjalan dengan baik. Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap kerjasama antara guru dan orang tua dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 3 Kejobong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19, upaya untuk meningkatkan kerjasama guru dan orang tua dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam masa pandemi Covid-19 dan dampak adanya kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 3 Kejobong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang penulis lakukan di SD Negeri 3 Kejobong. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 3 Kejobong yaitu parenting, komunikasi guru dan orang tua, keterlibatan guru dan orang tua dalam pembelajaran anak di rumah dan pengambilan keputusan. Kedua, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 3 Kejobong adalah dengan berkomunikasi secara efektif, efisien dan intens melalui media sosial seperti WhatsApp. Ketiga, kerjasama guru dan orang tua dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19 yaitu orang tua merasa dimudahkan dalam proses pendampingan belajar yang dilakukan, pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi lebih efektif serta siswa menjadi lebih disiplin. Kata Kunci: Covid-19, Kerjasama, Pendidikan Agama Islam, Guru dan Orang Tua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Kerjasama, Pendidikan Agama Islam, Guru dan Orang Tua
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Denis Fitriani sdr
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:23
Last Modified: 13 Jun 2022 01:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13848

Actions (login required)

View Item View Item