AKSESIBILITAS PELAYANAN PUBLIK BAGI MASYARAKAT PENYANDANG DISABILITAS DI KABUPATEN PURBALINGGA

MITA, MAYANGSARI (2022) AKSESIBILITAS PELAYANAN PUBLIK BAGI MASYARAKAT PENYANDANG DISABILITAS DI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Syaifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MITA MAYANGSARI_AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS DISABILITAS DI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Setiap warga Negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk dapat mengakses layanan publik termasuk penyandang disabilitas. Hak penyandang disabilitas pada aksesibilitas pelayanan publik diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas. Namun, kenyataannya sulit bagi seorang penyandang disabilitas untuk memperoleh haknya dalam mengakses fasilitas umum. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksaan Perda Kabupaten Purbalingga Nomor 29 Tahun 2018 dan untuk mengetahui kendala penyandang disabilitas dalam pemenuhan hak aksesibilitas pelayanan publik di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari observasi, wawancara, Perda Nomor 29 tahun 2018, dan buku faktor-faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perda kabupaten Purbalingga Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas terkait aksesibilitas telah dilaksanakan, pemerintah telah menyediakan fasilitas publik, namun akses dalam pemanfaatan fasilitas belum aksesibel bagi penyandang disabilitas. Kurangnya anggaran menjadi penyebab tidak maksimalnya pemerintah untuk menyediakan fasilitas publik yang aksesibel. Adapun kendala bagi penyandang disabilitas dalam pemenuhan hak aksesibilitas pelayanan publik yaitu dari kendala sarana atau fasilitas publik yang tidak aksesibel. Kendala dari masyarakat juga mempengaruhi penyandang disabilitaa untuk mendapatkan hak aksesibilitas pelayanan publik. Terakhir yaitu kendala kebudayaan dimana kurangnya pengetahuan masyarakat dan ketidakpeduliannya terhadap peraturan menjadi penghambat penyandang disabilitas mendapatkan hak aksesibilitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas, Pelayanan Publik, Penyandang Disabilitas.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
300 Social sciences > 350 Public administration
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.4 Service of People with Physical Disabilities
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Mita Mayangsari sdri
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:20
Last Modified: 13 Jun 2022 01:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13845

Actions (login required)

View Item View Item