PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI MIN PECABEAN KABUPATEN TEGAL

Abu Dharin, M.Pd (2016) PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI MIN PECABEAN KABUPATEN TEGAL. Laporan Penelitian. IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Abu Dharin, M.Pd_PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI MIN PECABEAN KABUPATEN TEGAL.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah pengelolaan pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Kabupaten Tegal?;2) Bagaimanakah proses pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Kabupaten Tegal?; 3) Bagaimanakah evaluasi pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Kabupaten Tegal? Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis Pengelolaan pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Kabupaten Tegal; 2) menganalisis Proses pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Kabupaten Tegal; 3) menganalisis Evaluasi pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu: jenis penelitiannya penelitian dengan pendekatan kualitatif jenisnya naturalistik, sumber data primer penelitian adalah Kepala MIN Pecabean dan Guru, staff administrasi serta siswa MIN Pecabean. Metode pengumpulan data dengan interview, observasi dan dokumentasi. Penelitian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Kabupaten Tegal dilaksanakan sebagai berikut: a) Sistem rekrutmen siswa baru MIN Pecabean dilaksanakan dengan cara seleksi bukan tes, dengan cara interview, jumlah siswa baru yang diterima dibatasi jumlahnya sesuai dengan daya tampung kelas yang disediakan yaitu 2 kelas atau 56 siswa, sebab satu kelas maksimal 28 siswa. disamping itu orang tua/ wali siswa juga di interview dan di observasi dalam rangka untuk mengetahui sejauhmana kemauan dan minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke MIN Pecabean. b) MIN Pecabean memiliki Panca Prasetya peserta didik, yaitu: (1) membiasakan dan melaksanakan peraturan dan tata tertib madrasah, (2) menghormati dan menghargai orang tua dan guru, (3) komitmen untuk menjaga sarana dan prasarana Madrasah, (4) membina dalam dirinya untuk berperilaku dengan akhlakul karimah, (5) bekerja sama dan setia terhadap teman. Panca prasetya peserta didik ini merupakan suatu sumpah setia siswa MIN Pecabean untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan madrasah maupun di masyarakat. 2) Proses pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Kabupaten Tegal dilaksanakan dengan: a) Proses pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Tegal dimulai dengan adanya sosialisasi pada waktu upacara bendera setiap hari senin dan pada acara rapat pembinaan dewan guru pada setiap hari Rabu sore dan dengan cara budaya disiplin madrasah; b) Nilai-nilai anti korupsi yang ditanamkan pada diri siswa MIN Pecabean yaitu: jujur, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani dan peduli; c) Model dan pendekatan pendidikan anti korupsi yang dilaksanakan di MIN Pecabean ada tiga yaitu: model terintegrasi dalam Mata Pelajaran, Model di luar pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan model pembudayaan, pembiasaan nilai pada seluruh aktivitas dan suasana di madrasah; d) Strategi Pembiasaan yang dilaksanakan pada pendidikan anti korupsi di MIN 1 Pecabean Kabupaten Tegal yaitu: penyampaian komitmen anti korupsi dalam upacara, pengadaan kas sosial kelas dan pengadaan pos kehilangan dan benda tak bertuan; 3) Evaluasi pendidikan anti korupsi di MIN Pecabean Kabupaten Tegal yakni dengan cara penilaian internal. Penilaian kelas merupakan bagian dari penilaian internal (internal assessment) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap penguasaan kompetensi yang diajarkan oleh guru. sedangkan evaluasi pendidikan anti korupsi pada aspek kejujuran, disiplin, peduli, tanggungjawab, adil, sederhana, berani, kerja keras dan mandiri dilakukan dengan cara evaluasi objektif tentang kehadiran siswa, selain dapat dipakai untuk menilai dampak pendidikan anti korupsi dalam sertiap individu, juga dipakai sebagai evaluasi bagi peningkatan kualitas madrasah.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, anti korupsi dan madrasah ibtidaiyah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:52
Last Modified: 21 Oct 2016 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item