PERANAN SYEKH SYARIF NUR KHOLIS TERHADAP PERKEMBANGAN TAREKAT QADIRIYAH NAQSYABANDIYAH DI BANYUMAS (1972-2019)

Finia, Ningsih (2022) PERANAN SYEKH SYARIF NUR KHOLIS TERHADAP PERKEMBANGAN TAREKAT QADIRIYAH NAQSYABANDIYAH DI BANYUMAS (1972-2019). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FINIA NINGSIH_PERANAN SYEKH SYARIF NUR KHOLIS TERHADAP PERKEMBANGAN TAREKAT QADIRIYAH NAQSYABANDIYAH DI BANYUMAS(1972-2019).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah merupakan salah satu tarekat dengan pengikut yang banyak di Indonesia. Tarekat kian berkembang yang awalnya berkembang Tarekat Tijaniyyah, Khalidiyyah, Syadziliyyah, Syatariyyah, Akmaliyah hingga Qadiriyyah Naqsyabandiyyah. Sebuah perkembangan pastinya didasari oleh suatu peran tokoh. Salah satunya tokoh Syekh Syarif Nur Kholis. Peranannya dalam perkembangan Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah di Banyumas terbilang membekas hingga sekarang. Maka dari itu, penting untuk diteliti karena dapat mengetahui perkembangan Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah mulai dari sejarah asal mula hingga berkembang di Banyumas yang dikiprahkan oleh Syekh Syarif Nur Kholis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan sejarah Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah di Banyumas dan untuk menjelaskan peran Syekh Syarif Nur Kholis terhadap Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah bagi masyarakat di Banyumas Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang dilakukan secara langsung mendatangi lokasi penelitian untuk mendapatkan data-data dan informasi nyata langsung dari informan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: heuristik atau pengumpulan sumber, verifikasi atau kritik sumber, interpretasi dan Historiografi/penelitian sejarah. Hasil penelitian ini berupa sejarah asal mula Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah ada di Indonesia hingga berkembang di Banyumas. Kiai Hidayat (Sokaraja) diyakini sebagai tokoh pertama yang menyebarkan tarekat ini kemudian diikuti oleh Syekh Syarif Nur Kholis (Karangwangkal). Sebelum tarekat ini ada Tarekat Tijaniyyah, Khalidiyyah, Syadziliyyah, Syatariyyah, Akmaliyah, Naqsyabandiyyah, dan Qadariyyah. Adapun perkembangan atau kebertahanan tarekat ini didasari oleh ajarannya seperti kesempurnaan suluk, adab, dzikir dan muroqobah serta dengan bertahan amaliyahnya seperti tawajuhan, manaqib, dan dzikir harian yang terus dipertahankan. Kiprah dari Syekh Syarif Nur Kholis terhadap perkembangan Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah antara lain: membangun jejaring komunikasi dengan ulama-ulama setempat, membangun Ponpes As-salafiyyah Karangwangkal Purwokerto, menanamkan Pembinaan ruhani dan Nilai-nilai Akhlakul Karimah, dan melestarikan Tradisi-tradisi amaliyah Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Syekh Syarif Nur Kholis, Qadiriyah Naqsyabandiyah, Banyumas
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: FINIA NINGSIH sdri
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:43
Last Modified: 10 Jun 2022 03:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13838

Actions (login required)

View Item View Item