Aditya Romadhon, Aditya (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Kelas VII MTs Al-Ittihaad Ma'arif NU 1 Purwokerto Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Profesor K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Aditya Romadhon_Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Kelas VII MTs Al-Ittihaad Ma'arif NU 1 Purwokerto Barat.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada kelas VII MTs Al-Ittihaad Ma’arif NU 01 Purwoketo Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 122 siswa kelas VII MTs Al-Ittihaad Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling dengan undian dalam penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang digunakan dalam pnelitian ini dua kelas dari empat kelas dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Variabel penelitianya merupakan kemampuan berpikir kritis matematis. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain ternormalisasi melalui uji t yang dikerjakan dengan program SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VII MTs Al-Ittihaad Ma’arif NU 01 Purwokerto Barat. Hal ini terlihat dari perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari nilai ratarata N-gain kelas kontrol yaitu 0,5257 > 0,1889.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Two Stay Two Stray, Berpikir Kritis Matematis, Matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Aditya Romadhon |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 01:20 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 01:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13827 |
Actions (login required)
View Item |