Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Keislaman Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X SMK Pesantren Al-Kautsar Purwokerto

Afwi, Aonilah (2022) Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Keislaman Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X SMK Pesantren Al-Kautsar Purwokerto. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Bismillah Skripsi Afwi(fiks).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Pesantren Al-Kautsar Purwokerto. Salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah faktor pendekatan. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah pendekatan kontekstual berbasis keislaman, karena pendekatan ini mengaitkan pelajaran akademik dengan berbagai permasalahan sehari-hari siswa dalam konteks kegiatan islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual berbasis keislaman terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Pesantren Al-Kautsar Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini siswa kelas X SMK Pesantren Al-Kautsar Purwokerto, terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKJ berjumlah 27 siswa dan kelas X PBS berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes sebagai pengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis data menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan kontekstual berbasis keislaman terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan kelas eksperimen diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,40441 masuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,28853 masuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontekstual, Islam, Pemecahan Masalah, Matematika
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Afwi Aonilah
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:14
Last Modified: 10 Jun 2022 01:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13824

Actions (login required)

View Item View Item