STRATEGI KOMUNIKASI YAYASAN BONAVIDA SINGGEURA MILIR YATIM DAN DHUAFA HAURGEULIS DALAM MENCARI DONATUR DI ERA NEW NORMAL

Cita Najma, Zenitha (2022) STRATEGI KOMUNIKASI YAYASAN BONAVIDA SINGGEURA MILIR YATIM DAN DHUAFA HAURGEULIS DALAM MENCARI DONATUR DI ERA NEW NORMAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cita Najma Zenitha_STRATEGI KOMUNIKASI YAYASAN BONAVIDA SINGGEURA MILIR YATIM DAN DHUAFA HAURGEULIS DALAM MENCARI DONATUR DI ERA NEW NORMAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yayasan Bonavida Singgeura Milir Yatim dan Duafa memiliki program dalam pembangunan asrama dan gedung pelatihan workshop multi ilmu namun tertunda karena kurangnya anggaran. Terlebih lagi saat covid-19 melanda pada awal tahun 2020 lalu dan menyebabkan sulitnya untuk mencari donatur baru. Di era new normal ini Yayasan berusaha untuk mewujudkan cita-cita nya kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Yayasan Bonavida Singgeura Milir Yatim dan Duafa dalam mencari donatur pada era new normal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang terkumpul pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang digunakan Yayasan Bonavida Seniggerura Milir meliputi Pertama, strategi dalam memilih komunikator yaitu yang memiliki kredibilitas dalam taraf pendidikan, memiliki kecakapan dalam berbicara dan berpakaian serta menempati posisi penting dalam masyarakat. Kedua, strategi dalam memilih pesan komunikasi yaitu dengan mengadakan pengajian rutin, doa istighosah, mengadakan berbagai event dan mengajak donatur untuk berdiskusi. Ketiga, strategi dalam memilih media komunikasi YBSM menggunakan dua media yaitu media lama dan media baru. Media lama YBSM seperti menggunakan brosur dan memanfaatkan radio seperti radio Prima 98,5 Fm. Sedangkan untuk media baru YBSM menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, Website dan Whatssapp. Keempat, strategi dalam memilih komunikan berdasarkan kerangka referensi dan faktor situasi dan kondisi. Kelima, efek yang dihasilkan dari komunikan YSBM yaitu donatur akan senantiasa berinfak dan bersodaqoh secara konsisten demi keberlangsungan YBSM dalam menyejahterakan anak yaim dan kaum duafa. Kata Kunci: Strategi Komuniasi, Donatur, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komuniasi, Donatur, Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Cita Najma Zenitha
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:21
Last Modified: 08 Jun 2022 02:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13777

Actions (login required)

View Item View Item